fbpx
Connect with us

Peristiwa

Update Corona Gunungkidul, 28 Orang Masuk Perawatan, 40 Sembuh

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Orang terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Gunungkidul hampir setiap harinya mengalami pertambahan yang tidak menentu jumlahnya. Rabu (06/01/2021) kemarin tercatat adanya 28 kasus tambahan, sehingga akumulasi dari bulan Maret sampai dengan sekarang ada 949 orang yang dinyatakan terpapar virus ini. Namun kabar baiknya, 40 orang yang sebelumnya dirawat telah dinyatakan sembuh.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Dewi Irawaty menerangkan tambahan kemarin tersebar di beberapa kapanewon diantaranya di Kapanewon Patuk ada 3 orang terkonfirmasi dnegan riwayat kontak pasien konfirmasi sebelumnya mereka adalah laki-laki 25 tahun, laki-laki 21 tahun, dan wanita 38 tahun.

Kemudian di Kapanewon Nglipar laki-laki 72 tahun dan laki-laki 35 tahun terkonfirmasi covid-19 karena sempat melakukan kontak dengan pasien sebelumnya. Di Kapanewon Rongkop laki-laki 54 tahun riwayat masih dilakukan pelacakan petugas, wanita 29 tahun riwayat kontak dengan konfirmasi positif.

“Mayoritas terkonfirmasi karena melakukan kontak dnegan orang terkonfirmasi sebelumnya,” ucap Dewi Irawaty.

Di Kapanewon Paliyan diantaranya anak laki-laki 7 tahun, laki-laki 34 tahun, wanita 31 tahun, dan bayi 8 bulan. Kemudian di Kapanewon Wonosari yang selama ini banyak orang terkonfirmasi positif Rabu kemarin kembali ada tambahan kasus konfirmasi diantaranya laki-laki 44 tahun, laki-laki 45 tahun, wanita 70 tahun yang memiliki gejala hilang indra pencium (pembau), laki-laki 22 tahun, laki-laku 23 tahun dan wanita 41 tahun.

Dari Kapanewon Playen, wanita 37 tahun. Kapanewoj Ponjong, anak 9 tahun, laki-laki 39 tahun, wanita 56 tahun, wanita 25 tahun, wanita 24 tahun, wanita 25 tahun. Di Karangmojo terdapat tambahan laki-laki 32 tahun dan laki-laki 25 tahun.

“Wanita 67 tahun dari Kapanewon Playen juga terkonfirmasi positif. Kemarin meninggal dunia riwayat sakit jantung dan sesak nafas,” paparnya.

Kemarin juga terdapat kasus sembuh sebanyak 40 orang. Diantaranya dari Wonosari 2 orang,  ponjong 24, Karangmojo 1, Semanu 1 orang, Playen 9 orang,  Semin 1 orang, Ngawen 1 orang, Nglipar 1 orang.

Dengan tambahan 28 kasus itu, akumulasi terkonfirmasi positif sebanyak 949 orang. Dari jumlah itu, 640 orang sudah dinyatakan sembuh, 276 masih dalam perawatan, dan 32 dinyatakan meninggal. Tracing sendiri juga terus dilakukan oleh petugas, selama ini sudah 10.865 spesimen yang telah diambil oleh petugas.

Pihaknya menghimbau agar dalam penerapan protokol kesehatan lebih diperketat lagi, terlebih sekarang ini kegiatan mulai diselenggarakan seperti biasa. Ia juga menekankan kepada masyarakat tidak boleh panik dalam menyikapi bertambahnya orang terkonfirmasi

“Jaga jarak, penggunaan masker, dan cuci tangan ini sangat penting. Dengan adanya kejadian selama ini tidak boleh lengah,” tambahnya.

Dalam waktu dekat ini, pemerintah akan melakukan vaksinasi bagi 3.396 tenaga medis. Nantinya akan dilakukan seleksi kembali golongan tenaga medis yang menjadi prioritas vaksinasi.

“Setiap orang membutuhkan 2 dosis vaksin jadi dikalikan saja kebutuhan vaksin kita,”tutupnya.

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler