fbpx
Connect with us

Peristiwa

Update Kasus Corona Gunungkidul, Puluhan Orang Terkonfirmasi Positif

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Kasus terkonfirmasi positif di Kabupaten Gunungkidul setiap harinya terus meningkat. Seperti yang terjadi pada Jumat (22/01/2020) ini data dari Dinas Kesehatan Gunungkidul menyebutkan terdapat tambahan kasus terkonfirmasi positif covid-19 sebanyak 49 orang dengan rincian 1 orang meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan saat ini kenaikan covid19 masig terus terjadi pihaknya masih tetap meminta masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan. Utamanya adalah menggunakan masker, pasalnya selama ini masih ada saja orang yang abai menggunakan masker.

“Kasus masih naik terus,” ucap Dewi Irawaty.

Berdasarkan pemetaan yang dilakukan, tambahan hari ini dari beberapa kapanewon di Gunungkidul diantaranya, Kapanewon Saptosari 1 orang, Wonosari 14 orang, Karangmojo 1 orang. Kemudian Playen 10 orang, Paliyan 2 orang, Gedangsari 2 orang, Panggang 1 orang.

Selanjutnya Semanu 7 orang, Patuk 1 orang, Girisubo 1 orang, Tanjungsari 3 orang, Semin 1 orang, Nglipar 2 orang, dan Ngawen 1 orang. Mereka tertular virus covid19 cukup beragam, ada yang dari kontak langsung dengan orang terkonfirmasi sebelumnya, riwayat pedagang, pelaku perjalanan, dan masih dalam pelacakan.

“Sebagian besar isolasi mandiri. Mereka yang dirawat karena ada gejala maupun ada penyakit penyerta yang perlu penanganan,” imbuhnya.

Selain itu, dinas juga mencatat adanya pasien sembuh sebanyak 13 orang. Dengan adanya tambahan per Jumat (22/01/2021)ini akumulasi kasus terkonfirmasi covid19 du Gunungkidul sebanyak 1.304 orang dengan rincian 984 orang sudah sembuh, 267 orang masih isolasi dan dalam perawatan, sedangkan kasus meninggal sampai hari ini sebanyak 53 orang.

Belum lama ini, Dewi mengungkapkan bahwa separuh lebih dari kasus meninggal dunia terjadi pada bulan Januari 2021 ini. Ada beragam faktor yang mempengaruhi kematian para pasien covid19 itu. Seperti misalnya penyakit penyerta yang diderita oleh pasien dan beberapa faktor lain.

“Kamis kemarin ada 4 orang meninggal dunia. Masih ada yang dalam pelacakan petugas dan ada yang memiliki penyakit penyerta seperti kanker. Ini kasus meninggal terbanyak selama ini untuk Gunungkidul,” tambahnya.

Ia berharap kesadaran masyarakat semakin meningkat seiring dengan lonjakan kasus dan penerapan pengetatan secara terbatas kegiatan masyarakat, mereka lebih sadar dalam menerapkan protokol kesehatan.

Bupati Gunungkidul, Badingah, mengatakan pengamatan yang dilakukan selama ini, kesadaran masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan yaitu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak masih belum maksimal. Kasus pertambahan covid-19 juga masih terus terjadi.

“Jumlah pertambahannya juga fluktuatif, meski diterapkan pengetatan namun tetap belum bisa menunjukkan penurunan,” kata Badingah.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler