fbpx
Connect with us

Sosial

Vaksinasi Ala TNI AU, Peserta Bahkan Tak Perlu Sampai Turun Dari Kendaraan

Published

on

Playen, (pidjar.com)–Upaya percepatan vaksinasi terus digencarkan oleh beberapa instansi agar segera tercapainya herd immunity di masyarakat yang nantinya tentu akan berpengaruh pada aktivitas tiap-tiap kelompok masyarakat. Salah satu kegiatan vaksinasi yang menarik dilaksanakan oleh TNI Angkatan Udara Lanud Adisucipto pada Jumat (10/09/2021) di Lapangan Terbang (Lapter) Gading, Kapanewon Playen. Dalam pelaksanaannya, vaksinasi dilakukan menggunakan metode Drive Thru. Para peserta bahkan tak perlu turun dari kendaraannya dalam melakukan vaksinasi. Metode tersebut selain dapat meningkatkan partisipasi masyarakat juga dapat mempercepat proses vaksinasi karena minimnya tumpukan antrian dan cepatnya proses vaksinasi.

Kepala Dinas Operasi Lanud Adisucipto Yogyakarta, Kolonel Penerbang Sukarno, menyampaikan, serbuan vaksinasi tersebut terlaksana atas kerjasama antara TNI AU dan Yayasan Yakkum. Dilaksanakan pada Jumat (10/09/2021) mulai pukul 08.00 WIB, ditargetkan ada 1.250 dosis yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Kegiatan ini untuk memfasilitasi kaum difabel beserta pendampingnya, sementara kita agenda untuk hari ini di Lapter Gading target yang dapat terfasilitasi sebanyak 1.250 orang,” jelas Sukarno.

Pihaknya memilih metode Drive Thru dalam vaksinasi lantaran dinilai akan lebih cepat dilakukan dan tidak menimbulkan kerumunan. Sedangkan untuk menjaring para masyarakat yang mengalami kesulitan menuju lokasi vaksinasi, TNI AU telah bekerjasama dengan para relawan untuk menjemput dan mengantar pulang para peserta vaksinasi. Hal ini akan membuat semakin banyak masyarakat yang terjaring vaksinasi. Karena kesulitan menuju lokasi vaksinasi kerap menjadi kendala lantaran luasnya wilayah Gunungkidul.

“Untuk yang mengalami kesulitan dalam hal transportasi, kami sudah koordinasikan untuk menjemput dan mengantar kembali peserta vaksin. Sementara ini kami fokuskan untuk warga yang berdomisili di Gunungkidul,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu peserta vaksinasi, Siti Aminah, warga Padukuhan Gading 10, Kalurahan Gading, mengaku senang dengan adanya vaksinasi yang dilakukan secara drive thru. Menurutnya, dengan metode ini, prosesnya yang cukup singkat. Ia vaksin atas kemauan dirinya sendiri dan saat melakukan vaksinasi masih duduk di sepeda motornya.

“Ini baru vaksin dosis pertama, kesannya senang ngga ngantri. Ga capek juga jalannya, pakai motor soalnya,” ucapnya.

Peserta vaksin lainnya, Febri, warga asal Kapanewon Semanu mengikuti vaksinasi beserta kedua orangtuanya. Ia mengetahui diadakannya vaksinasi drivethru melalui youtube. Tak berbeda dengan Siti Aminah, ia cukup senang vaksinasi drive thru lantaran prosesnya yang singkat.

“Rasanya ya lebih enak, lebih cepet prosesnya,” pungkas dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler