fbpx
Connect with us

Peristiwa

Arus Lalu Lintas di Hari Libur Natal Cukup Lengang, Polisi : Tidak ada Penumpukan Kendaraan

Published

on

Patuk,(pidjar.com)–Memasuki hari ke dua libur natal dan tahun baru kondisi lalu lintas terpantau masih cukup sepi. Kondisi arus lalu lintas pun sampai saat ini masih cukup sepi dan tidak nampak terjadi penumpukan kendaraan.

Kapospam Hargodumilah, Ipda Sarjoko mengatakan sejak Kamis (24/12/2020) kemarin terpantau terjadi peningkatan volume kendaraan yang masuk ke Gunungkidul melalui pintu barat. Kendati demikian, jumlahnya masih tergolong ringan dibanding dengan hari libur lainnya. Bahka arus lalu lintas dapat dikatakan tergolong sangat lengang.

“Memang sudah ada peningkatan jumlah kendaraan yang masuk, tapi sampai siang ini masih landai lancar” terang Ipda Sarjoko, Jumat (25/12/2020).

Jenis kendaraan sendiri didominasi oleh kendaraan pribadi roda empat dan roda dua. Meski begitu pihaknya belum dapat mengkonfirmasi apakah kendaraan-kendaraan tersebut merupakan wisatawan atau pemudik. Berkaitan dengan angkutan umum seperti bus atau travel, jumlahnya juga tidak banyak.

“Arus masih wajar dan sebagian besar kendaraan plat AB. Wisatawan atau pemudik masih belum bisa diketahui,” tutur Sarjoko.

Pos pengamanan dan pemantauan di Hargodulilah sendiri dibuat sejak tanggal 23 Desember lalu. Akan digunakan untuk pemantauan lalu lintas hingga 3 atau 4 Januari 2021 mendatang. Anggoya yang di jalur utama itu dimaksudkan untuk mengurai kemacetan di jalur padat mobilitas kendaraan tersebut.

Kasatlantas Polres Gunungkidul, AKP Anang Tri Nuviyan menjelaskan pantauannya keramaian kendaraan hingga kini baru terjadi pada satu titik yakni di pintu masuk kabupaten Gunungkidul. Untuk mengatasi hal tersebut polri dan tim gabungan nantinya akan memasang pembatas jalan jika sudah sangat dibutuhkan dan terjadi tumpukan kendaraan di titik tertentu.

“Nantinya jika sudah sangat crowded akan kami pasang pembatas tengah jalan untuk mengutamakan yang naik dan turun. Kendaraan tidak bisa menyebrang untuk mampir ke rumah makan pinggir jalan,” terang Anang.

Terdapat empat pospam yang ditempatkan pada titik yang biasa terjadi crowded kendaraan. Yakni Hargodumilah, Bunderan Siyono, Pertigaan Pantai Baron, dan Pantai Pulang Syawal.

“Operasi tersebut kami gelar hingga 4 Januari 2021 untuk mengantisipasi kepadatan arus balik,” pungkas dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler