fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Vaksinasi Covid19 Untuk Lansia di Playen Dimulai, Ini Jadwalnya

Published

on

Playen,(pidjar.com)–Ginem (65) warga Siyono Wetan, Kalurahan Logandeng, Kapanewon Playen nampak antusias mengikuti antrian vaksinasi di Balai Kalurahan Logandeng. Pada Jumat (18/06/2021) malam ini, ia memang mendapatkan jadwal vaksinasi dosis pertama. Ia bersama ratusan lansia lain dari Kapanewon Playen ikut mengantri sejak pagi untuk melakukan pendaftaran, skrining dan juga penyuntikan dosis pertama vaksin Aztra Zeneca.

Kepada pidjar.com, Ginem yang setiap harinya bertani memang mengaku tak sabar untuk segera mendapatkan vaksin. Ia yang usianya sudah tak lagi muda, merasa resah dan takut lantaran pandemi yang tak kunjung berakhir.

“Apalagi pemberitaan ini menyebutkan bahwa lansia seperti saya masuk pada kelompok rentan, perasaan was-was tentu saja ada,” ungkap nenek tiga orang cucu ini.

Ia sendiri datang ke Balai Kalurahan Logandeng untuk melakukan pendaftaran sejak pukul 14.00 WIB siang tadi. Baru kemudian, di pukul 18.00 WIB jatahnya untuk melakukan skrining dan suntikkan berlangsung.

“Saya dianter cucu, memang tidak ada rasa takut. Harapannya biar badan sehat meskipun harus tetap pakai masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan. Namanya juga berusaha untuk mendapatkan keselamatan,” papar dia.

Seusai divaksin, Ginem mengaku tak ada keluhan sedikitpun. Sembari menunggu 30 menit untuk mengidentifikasi keluhan pasca imunisasi, ia sibuk bercerita dengan tetangganya.

“Saya beruntung karena dari Puskesmas ada sistem jemput bola di kalurahan,” ujar Ginem.

Sementara itu, Kepala UPT Puskesmas Playen I, Jolanda menuturkan, pelaksanaan vaksin di Kalurahan Logandeng ini sudah berlangsung sejak dua hari ini. Ia menilai, antusiasme lansia peserta vaksin cukup tinggi di wilayahnya tersebut.

“Kemarin ada 240 dosis, hingga malam ini sekitar 500an dosis. Kami awalmya bawa 400 dosis tapi karena peserta banyak, kemudian minta tambah ke dinas,” papar Jolanda.

Ia sendiri berkomitmen untuk melakukan upaya jemput bola dalam menyukseskan vaksinasi bagi lansia. Rencananya setelah di Kalurahan Logandeng, agenda serupa juga akan berlangsung di Kalurahan Gading, Playen, Ngawu, Ngunut, Banaran dan Bandung akan dilakukan hal serupa pekan depan.

Ia menambahkan, untuk vaksinasi di Kapanewon Playen sendiri akan dilaksanakan pada sepekan mendatang. Pada hari Selasa (22/06/2021) mendatang, vaksinasi untuk lansia akan digelar di Kalurahan Bandung. Pada Rabu (23/06/2021) akan dilangsungkan di Kalurahan Gading kemudian disusul pada Kamis (24/06/2021) dan Jumat (25/06/2021) akan berlangsung di Kalurahan Banaran. Jadwal vaksinasi berlanjut pada Sabtu (26/06/2021) di Kalurahan Ngunut dan pada Senin (28/06/2021) berlangsung di Kalurahan Ngawu. Menurut Yolanda, vaksinasi sendiri terbuka bagi masyarakat lansia di wilayah tersebut. Untuk persyaratan, warga cukup membawa KTP untuk mendaftarkan diri.

“Vaksinasi ini untuk kalangan lansia dengan rentang usia dari 55 hingga 65 tahun,” paparnya.

“Melihat antusiasme warga di Logandeng harapannya akan menjadi pioner bagi kalurahan lain,” lanjut Jolanda.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler