fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Vaksinasi Ternak Dimulai Minggu Ini, Gunungkidul Baru Terima 500 Dosis

Diterbitkan

pada

Wonosari, (pidjar.com)–Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Gunungkidul akan segera melaksanakan vaksinasi bagi hewan ternak. Langkah itu menyusul sudah di distribusikannya vaksin dari Kementerian Pertanian ke Gunungkidul. Rencananya, pada minggu ini pelaksanaan vaksinasi kepada ternak akan dimulai.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Gunungkidul, Wibawanti Wulandari, mengungkapkan jika pihaknya telah menerima vaksin bagi hewan ternak untuk penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Gunungkidul. Penggunaan vaksin pun akan disesuaikan dengan prioritas hewan ternak yang telah ditentukan lantaran keterbatasan kuota yang didapat. Pada tahap pertama ini, hewan yang mendapatkan prioritas vaksin ialah sapi perah.

“Kita baru menerima 500 dosis vaksin,” ucap Wibawanti, Rabu (29/06/2022).

Sebelumnya, pihaknya telah mengusulkan sebanyak 150 ribu vaksin ke Kementerian Pertanian untuk menangani PMK di Gunungkidul. Ia menjelaskan jika pihaknya tengah melakukan pemetaan terkait wilayah yang akan menjadi prioritas vaksin.

“Teman-teman baru melakukan pendataan kesanggupan peternak Gunungkidul untuk divaksin,” imbuhnya.

Berita Lainnya  Berkaca Dari Langkanya Minyak Goreng, Gunungkidul Berpotensi Kembangkan Industri Minyak Kelapa

Salah satu syarat hewan ternak yang akan menerima vaksin ialah harus dalam kondisi sehat. Ketika dalam pelaksanaan vaksinasi, jika hewan dalam kondisi tidak sehat maka vaksinasi akan ditangguhkan terlebih dahulu. Ia berharap adanya vaksinasi bagi hewan ternak ini dapat mencegah penularan PMK lebih meluas lagi.

“Kalau sakit tidak boleh divaksin, harus memastikan hewan dalam kondisi sehat,” jelas dia.

Terkait wilayah sasaran yang akan menerima vaksinasi hewan, ia belum dapat memberikan kepastian berapa jumlahnya. Namun ia memastikan akan memprioritaskan wilayah yang saat ini masih dalam status zona hijau penyebaran PMK. Dalam laporan yang ia terima, kasus PMK di Gunungkidul telah ditemukan di 15 Kapanewon dan menyebar di 66 Kalurahan sedangkan 121 dusun ditetapkan menjadi zona merah penularan PMK. Sementara ini sebanyak 511 hewan terjangkit PMK di Gunungkidul.

Berita Lainnya  Tujuh Ribu Pemudik Sudah Masuk ke Gunungkidul, Wakil Bupati Minta Tak Ada Persekusi

“Besok akan kita bagi ke dusun-dusun yang masih zona hijau, 500 dosis vaksin itu nanti untuk 500 hewan ternak terlebih dahulu sesuai prioritas,” pungkasnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler