fbpx
Connect with us

Pariwisata

Viral Video Belasan Bus Pariwisata Menyemut Hendak Masuk ke Pantai

Published

on

Tepus, (pidjar.com)–Serbuan kunjungan wisatawan ke Gunungkidul belum juga surut. Di wilayah pesisir selatan yang memang menjadi tujuan utama kunjungan para wisatawan, ribuan orang masih berdatangan meski saat ini kawasan pantai ditutup pemerintah. Yang menarik, jika sebelumnya wisatawan yang datang hampir seluruhnya menggunakan kendaraan pribadi, sejak beberapa waktu terakhir ini, mulai banyak rombongan-rombongan wisatawan yang datang menggunakan bus.

Pada Minggu (10/10/2021) pagi ini, viral video belasan bus pariwisata yang mencoba masuk melalui Tempat Pos Retribusi (TPR) Tepus. Bus-bus yang membawa ratusan wisatawan ini tertahan di Pos TPR. Sejumlah petugas sibuk menghalau rombongan tersebut agar putar balik.

Kapolsek Tepus, AKP Mursidiyanto, membenarkan adanya belasan bus pariwisata ukuran besar yang mencoba masuk melalui TPR Tepus pada Minggu pagi tadi. Namun demikian, sesuai aturan yang berlaku jika objek wisata masih ditutup dan wisatawan belum diperbolehkan untuk berkunjung ke objek wisata, maka rombongan tersebut kemudian dihalau petugas gabungan. Polsek Tepus sendiri menempatkan sejumlah personelnya di pos-pos TPR.

Ia mengungkapkan jika para wisatawan mencoba mengelabuhi penjagaan petugas dengan cara datang pada pagi hari. Namun ia menegaskan jika para penjaga terus melakukan penjagaan agar kawasan wisata steril dari kunjungan wisatawan.

“Banyak wisatawan yang memang sudah tidak sabar untuk berkunjung ke Pantai Gunungkidul bahkan mereka sengaja datang di pagi hari untuk mengelabuhi Pos TPR. Untuk antisipasi kami melaksanakan penyekatan di TPR baik di Tepus maupun Pulegundes dan mendapati belasan bus yang akan masuk ke Pantai sehingga diputarbalikkan,” ucap AKP Mursidiyanto, Minggu siang.

Mursidiyanto menambahkan, seiring dengan penjagaan yang dilakukan, bus-bus pariwisata yang kedapatan akan masuk ke kawasan mulai meninggalkan TPR. Namun demikian, kunjungan dari calon wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi masih terus berdatangan. Sama nasibnya dengan rombongan bus, kendaraan-kendaraan wisatawan yang berjumlah ratusan ini pun juga dihalau.

“Untuk siang ini hanya beberapa bus, sementara yang mendominasi mobil pribadi dan sepeda motor,” sambungnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono, saat dikonfirmasi telah mengetahui kabar adanya belasan bus pariwisata yang mencoba berkunjung ke kawasan pantai. Ia menyampaikan jika pihaknya sedang mengupayakan pembukaan sejumlah objek wisata di Gunungkidul. Ia meminta kepada para calon wisatawan agar bersabar terlebih dahulu untuk menunggu diperbolehkannya objek wisata dibuka kembali.

“Kami mohon untuk bersabar dahulu, Pemkab sedang mengajukan uji coba tempat wisata ke pemerintah pusat semoga bisa segera diberi kelonggaran sehingga bisa melakukan aktifitas kepariwisataan lagi,” ungkap Hary saat dihubungi.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler