fbpx
Connect with us

Pariwisata

Virtual Tour Gunung Api Purba Nglanggeran Banyak Diminati Wisatawan

Published

on

Patuk,(pidjar.com)–Wisata Virtual yang digagas oleh Desa Wisata Nglanggeran bersama dengan mahasiswa pariwisata dan sejumlah lembaga pada Minggu (03/05/2020) lalu sukses menarik perhatian banyak orang. Pasalnya ada sejumlah orang dari berbagai daerah yang mengikuti berwisata secara online ini. Rencananya Wisata Virtual di Desa Nglanggeran akan kembali dilakukan dalam waktu dekat ini.

Sekretaris Pokdarwis Nglanggeran, Sugeng Handoko mengatakan, virtual tour yang ia gagas ternyata menarik puluhan pengunjung online yang bergabung dalam aplikasi zoom. Meski demikian ada beberapa kendala yang dihadapi, salah satunya yakni beberapa akses jalan menuju obyek wisata yang tidak masuk dalam google maps. Sehingga dari pihak pengelola wisata tidak dapat memperlihatkan jalan menuju obyek wista.

Ada beberapa titik yang tidak bisa diakses google maps seperti jalan pedesaan dan akses menuju embung. Jadi disiasati dengan ditunjukkannya video dan foto,”kata Sugeng Handoko.

Adapun setelah sukses menarik pengunjung online, rencananya virtual tour ini akan kembali dilakukan pengelola. Lanhkahnini diambil untuk mengobati kerinduan para wisatawan dan mengusir rasa jenuh selama pandemi corona.

Rencananya akan dilakukan lagi. Ini sedang tahap persiapan sarana prasarana dan beberapa komponen lagi, untuk jadwalnya belum kami susun,” ucapnya.

Virtual Tour Desa Wisata Nglanggeran ini mengajak wisatawan online untuk mmengunjungi sejumlah destinasi di kawasan tersebut. Dalam video dan foto yang ditayangkan, para pengunjung online ini akan dibawa untuk menikmati panorana dari Gunung Api Purba Nglangeran. Dimulai dari tracking sampai pada beberapa puncak di Gunung ini. Sejumlah spot pun akan ditunjukkan, mereka akan disuguhkan dengan panorama Gunungkidul dari atas Gunung Api Purba Nglanggeran. Jalan menuju masing-masing titik pun juga diperlihatkan menggunakan google maps.

Berita Lainnya  Sedekah Laut, Pantai Baron Diserbu 5000 Wisatawan

Biasanya wisatawan yang berkunjung ke sini ada yang ingin menikmati sunset ataupun sunrise. Ada pula yang camping di kawasan sini, setelah berjalan-jalan online di Gunung api purba kemudian mereka akan diajak ke Embung Nglanggeran. Obyek ini juga sangat diminati oleh para wisatawan, sejumlah spot akan ditampilak untuk mengobati kerinduan para wisatawan. Baru dari situ akan diajak ke Air Terjun Kedung Kandang dimana air terjun ini memiliki pesona yang luar biasa. Berada dibawah Gunung dan ditengah-tengah areal pertanian milik warga.

Air terjun Kedung Kandang ini setiap musim penghujan menjadi primadona para wisatawan. Kemudian diajak untuk menengok potensi olahandesa ini, pengunjung akan ditunjukkan Griya Cokelat Nglanggeran. Dan di ajak berkeliling pedesaan melihat sejumlah homestay dan kampung 7 yang ada di kawasan ini

Berita Lainnya  Libur Pemilu dan Paskah, Pariwisata Gunungkidul Menggeliat

Video dan foto yang akan kami tayangkan itu berdurasi sekitar 1,5 jam sampai dengan 2 jam lamanya,” tambahnya.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi terobosan dari desa wisata Nglanggeran ini. Bebarengan dengan itu, Geopark Gunungsewu beberapa waktu lalu juga melakukan hal yang sama. Harapannya, desa wisata atau destinasi wisata yang sekiranya mampu menerapkan terobosan itu juga inovasi kembali. Sehingga ditengah kondisi sekarang ini tetap ada aktifitas yang bermanfaat.

Tentu ini sangat bagus sekali. Terobosan mengobati kerinduan berwisata ke Kabupaten Gunungkidul,” ucap Harry.

Ditengah pandemi global ini, aktifitas pariwisata di Bumi Handayani lumpuh total. Harapannya kondisi sekarang dimanfaatkan untuk bebenah dan persiapan untuk menyambut wisatawan baik lokal maupun mancanegara setelah pandemi selesai.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler