fbpx
Connect with us

Peristiwa

Wisatawan Tenggelam di Pantai Ngandong

Diterbitkan

pada

Tepus, (pidjar.com)–Seorang wisatawan nyaris kehilangan nyawanya saat berwisata di Pantai Ngandong, Kalurahan Tepus, Kapanewon Tepus. Santo Mariyun (52), warga Sidoarjo, Jawa Timur yang tenggelam saat bermain snorkeling ini sempat tak sadarkan diri. Beruntung, korban berhasil dengan cepat diselamatkan oleh warga dan petugas SAR meski kemudian harus mendapatkan perawatan intensif di RSUD Wonosari.

Kasubag Humas Polres Gunungkidul, AKP Suryanto, menyampaikan, Santo datang bersama dengan rombongan asal Tulungan, Sidoarjo, Jawa Timur. Setibanya di Pantai Ngandong, korban kemudian memutuskan bermain air dengan menggunakan snorkling.

“Setelah alat snorkling terpasang, korban langsung masuk ke air dan berenang,” ucap Suryanto, Senin (07/03/2022) pagi.

Santo sendiri tak menyadari bahwa ia bermain air terlalu ke tengah. Dia juga diduga belum mahir menggunakan alat snorkling kemudian panik saat dihempas gelombang yang datang. Ia pun lalu tenggelam. Mengetahui ada rekannya yang tenggelam, sejumlah wisatawan langsung berteriak-teriak meminta pertolongan. Sejumlah petugas SAR yang saat itu sedang berjaga lantas menolong korban untuk segera dievakuasi ke daratan.

“Korban saat diselamatkan sudah dalam kondisi tak sadarkan diri, diduga terlalu banyak minum air laut,” imbuh AKP Suryanto.

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Pantai Baron, Surisdiyanto menambahkan, laka laut tersebut terjadi sekitar pukul 08.45 WIB. Meski berhasil diselamatkan oleh petugas SAR, namun saat itu kondisi korban memanng lemah. Pihaknya lantas melarikan Santo ke Puskesmas Tepus 1 untuk mendapatkan penanganan dari dokter. Namun lantasan kondisinya semakin melemah, dokter puskesmas kemudian mengarahkan untuk segera dirujuk ke RSUD Wonosari.

“Langsung kita larikan ke RSUD Wonosari,” terang Surisdiyanto.

Menurut Surisdiyanto, kondisi korban sendiri telah membaik. Ia menghimbau kepada seluruh wisatawan agar selalu berhati-hati, terutama saat bermain air di kawasan pantai.

Berita Lainnya  Manula 72 Tahun Diduga Tersesat di Hutan, Puluhan Petugas Sisir Hutan Wonosadi

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler