fbpx
Connect with us

Politik

Duet Bebuyutan Endah-Harno Dipastikan Nahkodai DPRD Gunungkidul

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Endah Subekti Kuntaringsih dan Suharno SE diprediksi kuat bakal berduet memimpin Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gunungkidul sebagai ketua dan wakil ketua definitif. Hal itu dikarenakan PDIP memiliki hak untuk memilih posisi ketua dan untuk wakil ketua menjadi hak Partai Nasdem, Golkar dan PAN.

Ketua Sementara DPRD Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih mengatakan, pengisian pimpinan definitif sangatlah penting dalam menjalankan ketugasan dan sebagai fungsi dari anggota dewan. Beberapa waktu pasca dilantiknya 45 anggota DPRD Gunungkidul, kemudian dilakukan pembahasan dalam penentuan pimpinan.

Politisi asal PDI Perjuangan ini memastikan diri ditunjuk sebagai Ketua Dewan. Pasalnya, Jumat (06/09/2019) kemarin surat rekomendasi dari DPP telah ia kantongi. Nantinya akan segera diserahkan ke Sekretariat DPRD Gunungkidul sebagai salah satu persyaratan pengajuan wakil pimpinan dewan.

“Jumat kemarin surat rekomendasi sudah diambil di Kantor DPP, nanti akan segera kami serahkan ke sekretarian DPRD Gunungkidul,” ujar Endah Subekti Kuntariningsih, Sabtu (07/09/2019).

Menurutnya  Surat rekomendasi dari ketiga partai sudah ada tinggal menunggu surat rekomendasi dari partai Golkar.

“Jika efinitif telah terbentuk maka dewan langsung bisa menentukan pengisian alat kelengkapan dewan. Sekarang belum bisa optimal karena masih menunggu pembentukan pimpinan maupun alat kelengkapan,” katanya.

Ketua DPP Nasdem, Suparjo membenarkan bahwa Nasdem menunjuk Suharno sebagai wakil ketua DPRD Gunungkidul. Penunjukan sendiri atas dasar pertimbangan pengalaman Suharno yang pernah menjabat posisi Ketua DPRD.

Berita Lainnya  Tak Terima Dicoret Dari Daftar Caleg, Wakil Ketua DPRD Gunungkidul Ajukan Permohonan Sengketa ke Bawaslu

“DPP Nasdem sudah menyerahkan SK (Surat Keputusan) untuk itu (penunjukan Suharno sebagai wakil ketua DPRD). Pak Harno memiliki pengalaman dalam berorganisasi,” kata Suparjo ketika dikonformasi.

Ia menambahkan, dirinya bersama anggota dewan lain tentu akan melaksanakan tugas dan fungsi dewan yaitu akan melakukan pengawasan, penganggaran, dan tentu program legislasi membuat prodak aturan daerah. Langkah pertama lanjut Harno, juga terkait dengan anggaran tahun 2020 akan lebih difokuskan untuk kegiatan ke arah kesejahteraan rakyat.

“Kalau anggaran kurang bermanfaat, misal (anggaran) kunker ya kita pangkas atau dikurangi. Anggota dewan yang baru pasti bersama semangat untuk kerakyatan,” terang dia.

Sementara itu, Suharno pun turut membenarkan adanya penyerahan SK tersebut. Ia mengaku akan mengemban amanah yang diberikan oleh partai Nasdem tersebut. Pihaknya telah menerima surat dari partai NasDem untuk menjadi Wakil Ketua Dewan pada periode 2019-2024 ini.

Berita Lainnya  Jelang Penentuan Pilkades Baleharjo, Mantan Kades Klarifikasi Isu Korupsi Balai Desa Megah

“Tentu amanah ini akan saya pergunakan sebaik-baiknya untuk menjalankan fungsi sebagai DPRD. Selain itu juga akan mendukung penuh program agar berpihak kepada masyarakat,” ucap Suharno.

Dihubungi terpisah, Sekretaris DPD Golkar Gunungkidul, Heri Nugroho menjelaskan rekomendasi untuk wakil ketua dari partainya memang belum turun namun sudah ada nama yang muncul untuk mengisi posisi tersebut. Sedikitnya sudah ada tiga nama yang diusulkan yaitu Heri Nugroho, Jumiran, dan Sarjana.

“Surat sudah ditandatangani oleh ketua umum tinggal menunggu hasil dari rekomendasi DPP partai Golkar,” ucapnya.

Beberapa waktu lalu Partai Amanat Nasional (PAN) justru sudah fix dalam mengajukan anggota yang akan menduduki jabatan Wakil Ketua DPRD Gunungkidul. PAN secara resmi menunjuk Wiwik Widiastuti untuk menduduki jabatan tersebut. Saat dikonfirmasi, Sekretaris DPD PAN Gunungkidul, Anwaruddin membenarkan perihal penunjukkan Wiwik untuk dijadikan sebagai Wakil Ketua DPRD Gunungkidul. Pihaknya telah menerima Surat Keputusan (SK) dari DPP PAN terkait penunjukkan Wiwik. Bahkan surat dari DPP sendiri sudah diserahkan ke Sekretariat DPRD sejak jauh-jauh hari.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler