fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Tips Mengeringkan Kasur Basah Tanpa Harus Menjemur

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Kasur yang basah ketumpahan air, ketumpahan kuah makanan, terkena tetesan air hujan dari atap bocor, apalagi keompolan, pasti akan segera menguarkan aroma tak sedap. Lalu, dalam satu atau dua hari, jamur akan mulai tumbuh. Tapi, tenang saja, karena kasur Anda masih bisa diselamatkan. Anda dapat mengeringkan kasur dengan beberapa langkah sederhana, terlepas dari bagaimana kasur menjadi basah. Memanfaatkan sinar matahari langsung dan sirkulasi udara untuk mengeringkan kasur adalah cara yang paling masuk akal. Mau tahu tipsnya? Ceikodt ya!

Serap Bagian yang Basah

Cara mengeringkan kasur tanpa dijemur yang pertama adalah dengan menyerap area yang lembab menggunakan handuk atau kain kering, apa saja asal dapat menyerap air dengan baik. Taruh handuk di atas kasur yang basah, lalu tekan yang kuat menggunakan tangan Anda. Jika sudah, biarkan saja kasur mengering dengan sendirinya. Langkah ini dapat diterapkan kalau area kasur yang basahnya kecil. Cara ini menjadi patokan langkah awal sebelum Anda melakukan langkah-langkah alternatif lainnya di bawah ini, ya.

Hair Dryer

Langkah ini sebaiknya dilakukan jika Anda telah melakukan langkah di atas. Hal ini bermaksud untuk meringankan pekerjaan Anda. Kalau Anda sudah melakukan cara yang di atas, Anda tinggal mengeringkan permukaan kasur yang lembab saja dengan hair dryer, bukan kasur yang masih sepenuhnya basah. Siapkan hair dryer, atur dalam tingkat panas dan angin yang paling tinggi. Keringkan kasur dengan memberi sedikit jarak (hair dryer jangan sampai menempel pada kasur) selama 10 – 20 menit, tergantung seberapa lebar dan dalam bagian kasur yang basah. Setelah dirasa cukup, matikan hair dryer dan biarkan kasur mendingin dari panas hair dryer sebelum Anda menentukan kasurnya sudah kering atau belum. Ketika kasur sudah mendingin, coba pegang dengan tangan Anda, apakah kasur masih terasa lembab/basah? Jika iya, maka ulangi langkah dengan hair dryer sampai kasur benar-benar kering.

Berita Lainnya  Mengenal Beberapa Jenis Olahan Jahe

Wet/Dry Vacuum

Jika Anda punya wet/dry vacuum di rumah, Anda bisa memakainya dalam cara mengeringkan kasur tanpa dijemur. Anda dapat mengeringkan area kasur yang basah dengan cepat jika ada alat ini. Jangan pakai vacuum cleaner biasa karena dapat menimbulkan kerusakan listrik dan alat vacuum yang rusak. Bagi Anda yang belum tahu, wet/dry vacuum adalah vacuum yang dapat bekerja pada media basah atau kering. Meski vacuum cleaner wet/dry mampu melakukan hal tersebut, bukan berarti Anda bisa menggunakannya begitu saja, ya. Anda perlu melakukan beberapa penyesuaian terlebih dahulu sebelum mulai melakukannya. Vacuum cleaner wet/dry dilengkapi dengan filter yang bisa dilepas-pasang sesuai dengan kebutuhan. Saat ingin membersihkan kotoran yang kering, pastikan filter telah dipasang. Jika Anda ingin membersihkan kotoran yang basah, lepaskan filter.

Pakai Pasir Kucing

Cat litter alias pasir kucing bisa juga dipakai dalam cara mengeringkan kasur tanpa dijemur. Taburkan pasir kucing yang masih baru (belum terpakai oleh kucing tentunya) ke permukaan kasur/matras yang basah. Taruh kain atau handuk di atas taburan pasir. Tekan pasir kucing dengan tangan Anda agar air di dalam kasur terserap ke pasir. Setelah itu, diamkan selama 1 jam sebelum Anda menekan pasirnya lagi. Jika sudah, sedot semua pasir kucing dengan wet/dry vacuum. Karena pasirnya basah, pastikan Anda telah mencabut filter dan mengaktifkan mode “wet” pada vacuum, ya. Lakukan ulang jika kasur masih terasa basah.

Berita Lainnya  Lima Tips yang Mampu Mengatasi Insomnia

Simpan di Dekat Jendela

Anda bisa juga menyimpan kasur di dekat jendela. Setelah menyerap sebagian besar basah yang bisa diserap dengan kain, angkat atau pindahkan kasur Anda ke dekat jendela. Kalau bisa, posisikan area yang basah berada paling dekat dengan jendela. Sinar matahari secara tak langsung dapat masuk melalui jendela, begitu pula dengan udara. Buka jendela Anda lebar-lebar jika cuaca sedang mendukung.

Kipas

Di Indonesia, pasti jarang yang punya penghangat ruangan. Tapi, kalau kipas semua orang pasti punya, dong? Jika cuaca sedang hujan terus, tidak ada angin yang cukup untuk mengeringkan kasur, Anda bisa memanfaatkan kipas angin. Sehingga, Anda tetap bisa mengeringkan kasur walaupun di dalam ruangan. Simpan dan arahkan kipas angin tepat pada area kasur yang basah.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler