fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Manfaat Telur Bagi Kesehatan Rambut

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Telur merupakan makanan yang sudah sangat akrab di dunia kita sehari-hari. Akan tetapi, tahukah Anda kalau telur punya fungsi lain selain jadi makanan? Karena, ternyata telur punya manfaat juga untuk kecantikan, terutama untuk kulit dan rambut. Bagaimana biasanya Anda merawat kulit dan rambut? Apakah dengan pergi ke salon atau perawatan sendiri di rumah? Jika Anda tak punya waktu untuk nyalon atau ingin lebih hemat, tak ada salahnya Anda menggunakan telur untuk perawatan. Tentunya jika Anda menggunakan bahan alami seperti telur akan jauh lebih sehat daripada jika Anda perawatan menggunakan bahan kimia.

Melembabkan Rambut

Telur memiliki tekstur yang lengket dan cepat mengeras ketika terkena rambut atau pun kulit. Akan tetapi, tahukah Anda kalau telur sangat bagus untuk melembutkan rambut? Telur memiliki banyak kandungan vitamin seperti Vitamin A, B, D, dan E, lalu ada pula mineral, protein, asam lemak, dan sulfur. Semua kandungan tersebut sangat dibutuhkan rambut. Rata-rata masalah rambut adalah rambut kering. Ketika rambut kering, maka akar rambut dan kulit kepala Anda juga sudah bisa dipastikan kekurangan kelembaban. Nah, telur (putihnya saja), dapat mengembalikan kelembaban alami rambut Anda dengan cepat. Putih telur memiliki kandungan yang dapat mengembalikan kelembaban alami rambut, melembutkan rambut kering, menguatkan akar rambut, mencegah rambut patah, membuat rambut mudah diatur, hingga dapat mengembalikan kilau alami rambut.

Menangani Rambut Rusak

Jika rambut Anda sudah sangat kering, pecah-pecah, bercabang, sulit diatur, dan kusam entah akibat salah perawatan atau sehabis di-style, Anda bisa menyembuhkannya menggunakan telur. Ketika kondisi rambut Anda sudah parah seperti ini, Anda tak perlu melakukan smoothing ke salon, Anda cukup menggunakan masker telur saja. Telur adalah salah satu perawatan rumahan yang paling sering digunakan untuk mengobati rambut rusak. Selain murah dan mudah didapat, telur (bagian kuningnya) memang mengandung bahan-bahan alami seperti protein dan lemak yang dapat mengembalikan nutrisi rambut dengan cepat. Lalu, bagian putih telur mengandung enzim yang dapat membunuh bakteri dan mereduksi minyak yang tak diperlukan dari kulit kepala. Biasanya masker telur untuk mengobati rambut rusak dicampur dengan susu, yogurt, minyak zaitun, minyak almond, minyak castor, atau minyak esensial lainnya.

Berita Lainnya  Beberapa Penyakit Berbahaya yang Dapat Menjangkit Kala Musim Hujan

Rambut Lepek

Manfaat putih telur untuk rambut dan kulit yang selanjutnya adalah untuk mengatasi rambut lepek. Siapa di sini yang musuh banget sama rambut lepek? Karena kondisi polusi yang semakin parah seperti sekarang ini, wajar saja kalau Anda merasa rambut jadi semakin cepat lepek. Sebenarnya, rambut lepek itu datangnya dari minyak alami yang berperan sebagai pelembab kulit kepala dan akar rambut. Akan tetapi, jika berlebihan maka rambut Anda malah jadi lepek alias berminyak. Bahkan minyak di kulit kepala yang terlalu banyak bisa menyumbat pori-pori dan pernapasan dari kulit dan rambut itu sendiri. Untuk itu, gunakanlah putih telur sebagai pemberantas minyak berlebih dari kulit kepala Anda. Tidak perlu macam-macam, Anda hanya memerlukan satu butir telur (ambil putihnya saja), lalu kocok hingga berbusa. Balurkan kocokan putih telur pada seluruh kulit kepala, diamkan selama 30 menit, lalu keramas seperti biasa.

Berita Lainnya  Lima Tips Memilih Baju yang Tepat Untuk Anak Usia Balita

Menghilangkan Ketombe

Ketombe itu sebenarnya merupakan proses alami pengelupasan sel kulit mati yang berlebihan dari kulit kepala. Kalau jumlah pengelupasan sel kulit matinya sedikit, berarti masih berada di batas wajar. Tapi, kalau ketombenya terlalu banyak, berarti memang ada masalah di kulit kepala Anda. Apakah Anda punya masalah dengan ketombe? Telur bisa mengatasinya! Ketombe ‘takut’ banget sama telur, loh. Jika Anda rutin membalurkan campuran putih telur dan lemon ke kulit kepala, maka ketombe pun akan terusir dengan sempurna.

Mempercepat Pertumbuhan  

Buat para wanita maupun pria yang mendambakan rambut panjang, kuat, dan lebat, rajin-rajin lah melakukan perawatan pakai telur. Soalnya, telur handal dalam urusan menguatkan rambut dari akarnya sekaligus mempercepat pertumbuhannya. Semua ini berkat kandungan protein tinggi di dalam telur yang mana sangat dibutuhkan rambut untuk tumbuh dengan sehat. Anda hanya perlu mencampurkan putih telur dan yoghurt secukupnya, aduk rata. Setelah itu, balurkan masker telur ke seluruh permukaan kulit kepala dan juga rambut Anda, diamkan selama ±20 menit sebelum Anda bilas dan keramas seperti biasa.

Menguatkan Rambut

Perawatan rambut menggunakan telur juga dapat menguatkan akar rambut, jadi selain tumbuh panjang lebih cepat, rambut Anda jadi tidak mudah rontok. Untuk menguatkan rambut, campur putih telur dengan minyak seperti minyak zaitun, minyak kelapa, atau VCO. Tidak perlu banyak-banyak, untuk satu butir telur Anda hanya memerlukan satu sendok teh minyak saja. Jika Anda menggunakan minyak terlalu banyak yang ada rambut Anda malah jadi lepek.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler