fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Teknik Memotong Sayur yang Populer dalam Memasak

Diterbitkan

pada tanggal

––>

Jogja,(pidjar.com)–Teknik memotong sayuran memang banyak sekali jenisnya. Potongan sayuran tersebut bukan sekedar hanya asal-asalan, tapi untuk mempermudah ketika proses memasak, presentasi akhir makanan dan rasa dari makanan itu sendiri. Buat yang hobi masak pasti sudah tidak asing dengan jenis-jenis potongan sayuran, tapi mungkin tidak tahu nama-nama dari potongan tersebut. Nah kali ini akan dibahas mengenai macam-macam teknik dasar memotong sayuran yang umum dipakai dan umum ditemukan. Yuk, simak pembahasannya.

Slice

Slice merupakan potongan sayuran yang paling sering ditemukan dan sangat dasar sekali. Slice atau iris merupakan teknik memotong secara horizontal atau miring dengan merata. Potongannya bisa berukuran irisan tebal atau tipis. Biasanya potongan ini umum ditemukan pada timun, tomat, wortel, lemon, bawang dan lain sebagainya. Cara memotongnya mudah sekali, kamu tinggal memotong sayuran atau buah dengan ukuran irisan sesuai yang kamu inginkan tapi biasanya tipis dan tidak terlalu tebal.

Chiffonade

Nah, kalau chiffonade adalah potongan yang biasanya ditemukan pada sayuran seperti kol, sawi, seledri, daun herbal dan sebagainya. Bentuk dari potongan chiffonade adalah berupa irisan tipis melintang. Biasanya potongan sayuran yang menggunakan teknik ini ditemukan di makanan seperti bakwan atau salad. Untuk memotong dengan teknik ini umumnya adalah dengan menggulung sayuran atau daun herbal terlebih dahulu, kemudian mengirisnya secara tipis-tipis hingga terbentuk irisan tipis melintang.

Berita Lainnya  Deretan Film  Setelah 'Avengers: Endgame

Jardiniere

Jardiniere adalah potongan sayuran berbentuk balok. Umumnya ditemukan pada sayur wortel, lobak, dan kentang. Untuk membuat potongan jenis ini caranya adalah memotong sayur dengan ukuran panjangnya berkisar 3 cm terutama wortel atau lobak. Kemudian iris sebagian sisi untuk dijadikan alas, agar tidak tergelincir ketika memotong bagian yang lainnya.  Lalu potong semua sisi hingga membentuk balok besar. Setelah itu potong kembali hingga ukurannya berkisar 3 cm x 1 cm x 1 cm. Biasanya potongan jenis ini ditemukan ada pada sayuran pendamping steak.

Julienne

Julienne merupakan potongan sayuran yang kita kenal dengan potongan batang korek api. untuk membuat potongan ini bisa dengan memulai potongan jardiniere dan mengirisnya hingga berbentuk tipis memanjang. Ukurannya berkisar 3 cm x 1 mm x 1 mm. Biasanya potongan ini mudah dijumpai pada bahan salad dan juga bakwan. Sayuran yang sering digunakan adalah wortel, lobak, timun dan lain sebagainya.

Dice

Dice atau yang dikenal dengan potongan dadu merupakan potongan basic yang cukup sering ditemukan juga. Nah untuk potongan dadu ini ada beberapa jenis dan ukuran yaitu: large dice, medium dice, dan small dice. Large dice atau potongan sayur berbentuk dadu dengan ukuran 2 cm x 2 cm, kemudian medium dice ukurannya 1,2 cm x 1,2 cm dan small dice berukuran 6 mm x 6 mm. untuk membuatnya bisa dimulai dengan potongan jardiniere dan memotongnya berbentuk dadu sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Biasanya potongan dadu pada sayur ini ditemukan pada sup, untuk pembuatan kaldu, nasi goreng, salad buah dan lain sebagainya. Sayuran yang digunakan biasanya kentang, wortel, lobak dan sayuran akar lainnya.

Berita Lainnya  Lima Bahan Alami Sebagai Penyembuh Penyakit

Chopped

Chopped atau yang lebih kita kenal dengan potongan cincang yang tidak beraturan. Potongan ini ada yang berukuran halus dan juga kasar, tergantung dari jenis makanan yang akan dibuat. Untuk membuat potongan ini umumnya untuk bawang putih digeprek dahulu kemudian dicincang sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan. untuk bawang bombai biasanya dibagi dua terlebih dahulu, kemudian membuat beberapa potongan dan irisan sesuai dengan yang dibutuhkan. Biasanya potongan ini sering dijumpai untuk bumbu masakan yang ditumis seperti bawang, atau kacang dengan ukuran cincang kasar sebagai topping es krim dan lain sebagainya.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler