fbpx
Connect with us

Pariwisata

Menikmati Pesona Baron Techno Park, Wisata Edukasi Yang Komplit di Pesisir Selatan

Diterbitkan

pada tanggal

Saptosari,(pidjar.com)–Pesisir pantai selatan yang membentang di Gunungkidul tidak pernah habis untuk dibahas.  Destinasi wisata di wilayah ini sangat banyak menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa, misalnya saja pantai Parangrucuk yang berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari. Selain menyuguhkan bentang pantai yang mempesona ada sejumlah panorama lain yang dapat dinikmati di kawasan yang lebih dikenal dengan Baron Techno Park ini.

Berkunjung ke obyek wisata ini ternyata tidak hanya menikmati birunya air laut, melainkan ada beberapa pengetahuan atau edukasi lain yang didapatkan di kawasan Baron Techno Park. Pasalnya kawasan ini merupakan bagian dari Balai Pengkajian Dinamika Pantai (BPDP) yang sejak beberapa waktu lalu telah diresmikan. Kawasan ini juga sebagai tempat penelitian dan pengembangan sumber energi alternatif.

Memasuki kawasan Baron Techno Park, pengunjung akan disuguhkan dengan hamparan layaknya tanam di lingkungan ini. Beberapa gazebo berbentuk rumah, dan tanaman serta bunga menghiasi sisi kanan dan kiri. Berjalan kaki dari areal parkir akan di suguhi pemandangan yang masih sangat asri.

Beberapa meter kemudian, terdapat sebuah tugu dan lingkaran besar yang di atasnya terdapat tulisan angka romawi. Dari lingkaran jam ini, pengunjung dapat membaca jam secara berbeda dibandingkan dengan jam pada umumnya. Pasalnya, sesuai dengan putaran matahari, nantinya bayangan tugu akan menunjukkan pukul berapa saat itu.

Berita Lainnya  Tawarkan Panorama Alam yang Mempesona, Obyek Wisata Watu Payung Sabet Penghargaan Wana Lestari Tingkat Nasional

“Tempat ini berada di layaknya tebing-tebing, berhadapan langsung dengan lautan. Jadi misal ada nelayan yang beraktifitas di laut terlihat jelas dari kawasan ini,” kata salah seorang pengunjung Baron Techno Park, Arum, Minggu(09/11/2019).

Tak hanya itu, ada beragam edukasi yang didapatkan berkunjung ke obyek wisata ini. Pasalnya ada beberapa kegiatan yang dilakukan dapat menambah pengetahuan pengunjung, mengingat lokasi ini menjadi titik pengkajian dan pengembangan teknologi energi.

Untuk sampai di Baron Techo Park aksesnya pun cukup mudah. Dari kawasan pantai Baron pengunjung disarankan menuju arah barat mengikuti jalur utama menuju JJLS. Kemudian nantinya akan dijumpai sebuah pertigaan agak menyerong, papan petunjuk arah dengan tulisan Baron Techno Park pun akan terpampang di jalur itu.

Berita Lainnya  Telaga Jonge, Dibidik Pemerintah Sebagai Destinasi Pasar Digital

“Mengikuti jalur aspal yang sebagian sudah agak rusak. Beberapa kilometer kita harus melewati tengah ladang, membelah jalanan yang jika pagi hari ramai aktifitas petani berladang,” tambah dia.

Nantinya setelah sampai, pengunjung akan diarahkan oleh penjaga obyek wisata tersebut. Panorama yang indah pun disuguhkan di kawasan ini. Untuk berkunjung ke Baron Techo Park, waktu yang tepat adalah pagi dan sore hari, karena cuaca tidak terlalu panas dan pemandangan yang disuguhkan jauh lebih menarik.

“Fasilitasnya pun sudah cuku memadahi jadi ndak perlu khawati, beberapa spot foto yang instagaramable juga tersedia. Jadi cocok untuk berwisata dan berswafoto,” tutup dia.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler