fbpx
Connect with us

Info Ringan

Delapan Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Penyebab bau mulut selama puasa muncul karena di dalam mulut ada bakteri berkembang dengan jumlah yang banyak. Bakteri anaerob gram negatif ini lah yang menjadi penyebab bau mulut paling utama. Sebenarnya ada cara menghilangkan bau mulut alami yang efektif dan bisa dicoba saat puasa nanti. Tips menghilangkan bau mulut ini bisa membantu Anda selama puasa Ramadhan,lho!

Berkumur Dengan Baking Soda

Cara mengatasi bau mulut yang pertama adalah dengan berkumur dengan baking soda. Rasanya enggak sulit ya untuk melakukan tips yang satu ini. Bau mulut selama bulan puasa bisa berkurang dan menghilang dengan baking soda. Buatlah campuran baking soda dengan dua sendok makan lemon dan garam ke larutan air. Kumur dengan larutan alami ini untuk menghilangkan bau mulut. Larutan baking soda, lemon, dan air ini bisa membunuh bakteri di mulut yang menjadi penyebab bau mulut.

Minum Teh Hijau

Teh hijau memang sangat banyak manfaatnya mulai dari menghambat penuaan pada wajah sampai menjaga bentuk tubuh. Teh hijau ternyata juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi bau mulut tak sedap selama puasa. Teh hijau memiliki zat polyphenol yang sangat berguna membersihkan bakteri di mulut dan saluran rongga pernafasan. Coba lah meminum secangkir teh hijau tanpa gula saat sahur untuk mencegah bau mulut. Teh hijau tanpa gula ini juga bisa mengurangi peradangan pada rongga pernafasan dan gangguan pernafasan lainnya.

Berita Lainnya  Enam Manfaat Baik dari Susu Kedelai

Bersihkan Lidah

Menghilangkan bau mulut secara alami bisa dilakukan dengan membersihkan lidah. Jadi setelah makan sahur dan buka puasa jangan hanya menyikat gigi saja. Bersihkan juga area lidah dengan seksama untuk mengurangi penyebab bau mulut. Llidah juga bisa menyimpan bakteri penyebab bau mulut.

Hindari Keju Selama Puasa

Walaupun Anda suka banget sama keju, lebih baik Anda mengurangi konsumsi keju di bulan Ramadhan 2017. Keju juga terbukti menjadi salah satu penyebab napas yang bau. Bau mulut puasa ini malah bisa tambah parah kalau Anda sering mengonsumsi keju. Menghindari makana dengan keju memang jadi solusi utama menghilangkan bau mulut. Tapi kalau Anda tetap tidak bisa lepas dari keju Anda bisa mengisap potongan lemon setelah makan.

Makan Buah Pir

Seperti yang sudah Anda ketahui buah pir bisa mencegah dehidrasi saat puasa. Kandungan air dalam buah pir ini juga bisa membantu menghambat pertumbuhan bakteri.  Mengonsumsi buah pir saat sahur bisa menghilangkan bau mulut alami. Pir juga bisa membuat mulut terasa segar lebih lama.

Berita Lainnya  Tips Memilih Fashion Kampus Pria yang Santai

Konsumsi Makanan Berkarbohidrat Tinggi

Selain kurang air kurangnya karbohidrat dalam tubuh juga bisa menjadi penyebab bau mulut. Bau tidak enak pada mulut ini bisa terjadi karena selama puasa tubuh kurang menerima asupan karbohidrat. Jadi cobalah mengonsumsi makanan yang berkarbohidrat tinggi selama sahur dan buka puasa. Masukan pisang, gandum, dan biji-bijian di menu makan sahur dan buka puasa.

Minyak Kelapa Alami

Berkumur dengan minyak kelapa alami juga dipercaya bisa menghilangkan bau tak sedap pada mulut. Cara menghilangkan bau mulut yang satu ini juga enggak susah. Anda hanya perli membeli minyak kelapa alami saja. Kumurlah selama 5-10 menit lalu gosok gigi  seperti biasa. Cara alami menghilangkan bau mulut ini akan lebih bekerja jika Anda berkumur dalam keadaan perut kosong. Bau mulut puasa bisa hilang dalam sekejap.

Olahraga Ringan

Ternyata Anda bisa mengatasi bau mulut dengan cara teratur berolahraga. Walaupun sedang berpuasa Anda tetap bisa kok berolahraga. Cobalah latihan-latihan rutin yang bisa dilakukan di rumah. Enggak perlu lama-lama olahraga ringan ini juga bisa membantu mengatasi dehidrasi dan membuat tubuh lebih bugar.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler