fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Tips Mencegah Kesemutan pada Tubuh

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Salah satu penyakit yang sering kita rasakan sehari-hari adalah kesemutan. Ketika kesemutan, anggota badan kita terasa kaku dan seperti digerayangi oleh banyak semut. Keadaan ini bisa terjadi di mana saja, seperti kaki, tangan, ujung jari, kepala, dan lainnya. Cara mengatasi tangan dan kaki sering kesemutan sebenarnya cukup mudah dan bisa dilakukan dengan cepat. Dalam ilmu kedokteran, kesemutan dikenal dengan istilah parestesia. Parestesia merupakan sebuah sensasi pada anggota tubuh tanpa adanya rangsangan dari dunia luar. Sensasi yang dirasakan bisa berupa rasa panas, dingin, ataupun seperti dirambati sesuatu. Agar kesemutan tidak mudah terjadi, terdapat banyak hal yang bisa Anda lakukan mulai dari menambah nutrisi tubuh hingga rajin berolahraga. Berikut adalah beberapa tips agar tangan dan kaki Anda tidak mudah kesemutan.

Berita Lainnya  Lima Tips Mengobati Penyakit Asma

Penuhi Kebutuhan Vitamin B1, B6, dan B12

Cukupilah kebutuhan vitamin B1, B6 dan B12. Ketiga vitamin tersebut sangat penting untuk menjaga agar jaringan saraf tetap berfungsi dengan baik. Selain itu, ketiganya juga akan membuat metabolisme tubuh berjalan dengan maksimal.

Lakukan Peregangan

Jika Anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan untuk duduk atau berdiri dalam jangka waktu yang lama, cobalah untuk menggerakan badan dalam interval waktu tertentu. Anda dapat melakukan peregangan otot, berjalan-jalan, atau aktivitas lainnya setiap setengah atau satu jam sekali.

Hindari Alkohol

Minuman beralkohol sangat tidak baik untuk tubuh karena dapat mengakibatkan defisiensi vitamin B, termasuk vitamin B1. Seperti kita ketahui, vitamin B1 memegang peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan jaringan saraf.

Berita Lainnya  Lima Tips Merayu si Kecil Agar Mau Membantu Mengerjakan Pekerjaan di Rumah

Konsumsi Kalium, Kalsium dan Natrium

Konsumsilah makanan yang kaya kalium seperti pisang, unggas, dan ikan. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium Anda dapat mengkonsumsi yoghurt dan susu, namun usahakan kedua yang bersifat rendah lemak. Sedangkan untuk natrium, Anda dapat menemukannya pada kecap dan makanan hasil laut.

Mandi Air Hangat

Mandi air hangat setiap sebelum tidur akan membantu mengendurkan otot-otot tegang di tangan dan kaki. Hal tersebut secara otomatis akan mengurangi kemungkinan timbulnya kesemutan ketika Anda sedang tidur.

Minum Air Putih

Meminum air putih minimal 8 gelas sehari dapat mencegah dehidrasi pada tubuh. Selain itu air putih juga dapat menetralisir racun-racun yang masuk ke dalam tubuh. Disarankan pula untuk meminum air kelapa untuk menyingkirkan berbagai macam racun tersebut.

Berita Lainnya  Resep Kentang Panggang Keju

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler