fbpx
Connect with us

Pariwisata

Dalam Dua Hari, Wisatawan Sumbang PAD Sebesar Rp 210 juta

Published

on

Tanjungsari,(pidjar.com)–Selama dua hari libur cuti bersama puluhan ribu wisatawan datang ke Bumi Handayani. Hasil dari kunjungan mereka ke sejumlah obyek wisata di Gunungkidul tentu saja mempengaruhi perpurataran uang dan juga pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono mengatakan, selama dua hari kemarin terdapat 21.000 wisatawan yang masuk. Dari jumlah tersebut, lokasi Pantai Selatan masih cukup menjadi primadona yang digemari para wisatawan.

“Ada 90% dari jumlah tersebut yang berkunjung ke pantai,” jelas Harry, Jumat (30/10/2020).

Ia menambahkan, disiplin protokol kesehatan masih menjadi target utama Dinas Pariwisata di masa pandemi saat ini. Namun, selama libur bersama pihaknya menargetkan dapat mengumpulkan pendapatan Rp. 400juta.

Berita Lainnya  Kemarau Tak Pengaruhi Debet Air Terjun Sri Gethuk

“Sampai kemarin perputaran uang sudah tercatat Rp 210 juta,” beber Harry.

Saat dikonfirmasi mengenai wisatawan yang melanggar protokol kesehatan, Harry mengatakan masih ada namun jumlahnya cukup sedikit. Hanya saja sekitar 2 hingga 5 persen dari jumlah kunjungan.

“Mereka sangat mengetahui bagaimana pendisiplinan protokol kesehatan, jadi dari pada kena sanksi mereka sudah sadar,” kata dia.

Terpisah, Sekretaris SAR Linmas Wilayah II Pantai Baron, Surisdiyanto menambahkan, sedikitnya 65 personilnya turun langsung memonitor wisatawan selama libur dua hari ini. Selain karena mendisiplinkan wisatawan agar mematuhi protokol kesehatan, pihaknya juga sedang mengantisipasi kecelakaan laut akibat gelombang yang diperkirakan menerjang pesisir pantai pada dua hari ini.

“Puncaknya sudah terjadi tadi malam, tapi kami mendapatkan laporan dari BMKG masih ada gelombang yang diperkirakan datang dengan ketinggian 2 hingga 6 meter,” beber Suris.

Ia tak henti-hentinya meminta wisatawan agar tidak bermain di area pantai. Teguran ini ia sampaikan secara langsung dan juga menggunakan mikrofon.

Berita Lainnya  Deretan Artis Berkaliber Nasional Bakal Tampil Dalam Geopark Night Specta #4 di Nglanggeran

“Untuk imbauan kami intens ya begitu memantau ada pergerakkan wisatawan ke lokasi bernahaya akan segera kami ingatkan menggunakan pengeras suara,” tandas dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler