fbpx
Connect with us

Pariwisata

Kawasan Wisata Dipadati Pengunjung, Ribuan Orang Terjaring Operasi Masker

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Masyarakat lokal dan wisatawan lokal masih saja abai dalam menerapkan protokol kesehatan di obyek wisata. Selama libur panjang beberapa hari terakhir, ribuan orang terjaring operasi oleh petugas Satlinmas maupun petugas jaga. Mereka justru tidak menggunakan masker sebagaimana yang dianjurkan oleh pemerintah. Teguran dan pemberian sanksi lantas diterapkan oleh petugas.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II, Marjono mengungkapkan, selama liburan ini pihaknya telah menindak 1.000 wisatawan dan masyarakat lokal yang tidak menggunakan masker saat memasuki obyek wisata. Jumlah 1.000 orang itu berdasarkan operasi yang dilakukan oleh petugas dari pantai Seruni sampai dengan di obyek wisata Bukit Paralayang.

“Masyarakat lokal mayoritas justru pelaku usaha sedangkan wisatawan juga ditemukan yang tidak menggunakan masker. Kita beri teguran dan sanksi kemudian diberi masker gratis,” ungkap Marjono, Minggu (01/11/2020).

Adapun dari mereka mengaku masker ketinggalan di mobil. Sanksi yang diberikan yaitu mereka diminta membuat surat pernyataan dan menghafal Pancasila maupun menyanyi lagu kebangsaan.

“Kita terus upayakan penjaringan di setiap lokasi. Harapannya mereka taat dan tidak terjadi penyebaran covid-19 di obyek wisata,” tambahnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Koordinator SAR Satlinmas Wilayah I, Sunu Handoko Bayu. Di wilayah 2 juga ada puluhan wisatawan dan masyarakat lokal yang terjaring operasi masker.

“Rata-rata wisatawan memang sudah menggunakan masker kalau yang kami temui, hanya memang masih orang tertentu yang tidak menggunakan masker,” terang Sunu.

Terpisah, Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono,mengatakan update kunjungan wisatawan selama libur panjang dari Rabu lalu sampai dengan Sabtu kemarin tercatat ada 53.102 pengunjung masuk ke obyek wisata Gunungkidul. Untuk pendapatan sendiri mencapai 413.800.400.

“Dari pagi sampai siang tadi masih ada kunjungan. Laporan dari petugas, sampai pukul sekarang juga ada yang datang,” terang Harry.

Jumlah sampai dengan Sabtu kemarin telah melampaui target yang ditentukan oleh Dinas Pariwisata yaitu sebesar 400 juta rupiah. Adapun hari ini kunjungan wisatawan masih terus melonjak di obyek wisata. Data sampai siang tadi ada 12 ribu pengunjung terlaporkan masuk.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler