fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Resep Masakan Dari Telur Asin

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Rajin mengonsumsi telur bebek, kesehatan sel darah merah serta sistem saraf Anda dapat terjaga. Belum lagi selenium yang baik untuk perbaikan DNA dan antioksidan dalam putih telur bebek yang dapat bantu menghalau radikal bebas yang bisa mengancam kesehatan tubuh. Mengetahui kandungan serta manfaat yang dimiliki telur bebek, apakah Anda mulai tertarik untuk mulai rutin mengonsumsinya? Jika iya, beberapa ide olahan telur bebek di bawah ini semoga bisa menginspirasi. Apa saja kah itu? Ini dia resep-resepnya untuk Anda!

Telur Asin

Anda hanya perlu menyediakan telur bebek, garam, wadah besar untuk memeram telur, amplas untuk menggosok permukaan kulit telur bebek, air dan abu gosok atau batu bata yang sudah dihancurkan. Jika sudah siap semua, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencuci telur bebek hingga bersih dan mengamplasnya.

Setelah itu, campurkan bubuk batu bata atau abu gosok dengan sedikit air hingga kental dan bisa digunakan untuk menutup telur. Jangan lupa masukkan banyak garam lalu aduk. Selanjutnya, bungkus atau lumuri telur bebek dengan bubuk batu bata atau abu gosok tadi.

Balut hingga tebal sampai telur menjadi lebih besar. Setelah selesai membalut telur satu per satu, masukkan mereka ke dalam sebuah wadah tertutup. Kembali tambahkan garam pada telur-telur tersebut kemudian peram hingga 2 minggu. Setelah 2 minggu, Anda bisa mengeluarkan telur dan membersihkannya. Terakhir rebus atau kukus telur bebek dengan api kecil selama satu jam. Telur asin buatan sendiri siap disantap!

Telur Asin Bakar/Asap

Telur asin bakar atau asap merupakan varian lain dari telur asin original. Bahan, alat serta proses pembuatannya kurang lebih sama, hanya pada telur asin bakar atau asap ini, setelah direbus, telur dimasukkan ke dalam sebuah drum untuk diasapi. Rasanya tentu tidak kalah lezat dibanding dengan telur asin original. Anda akan merasakan sensasi aroma-aroma bakaran yang menambah nafsu makan. Selain itu, ia juga lebih gurih dan tahan lama sebab melalui proses masak sebanyak dua kali.

Telur Asin Panggang

Olahan telur bebek selanjutnya masih dalam keluarga telur asin. Namun, kali ini adalah telur asin panggang. Proses awalnya juga sama saja dengan pembuatan telur asin original. Hanya, proses selanjutnya pada telur asin ini adalah dipanggang. Anda bisa menggunakan oven yang ada di rumah untuk memanggangnya. Jika telur asin bakar atau asap kuncinya ada pada proses pengasapan, telur asin panggang tentu pada proses pemanggangan. Meski terlihat sederhana, Anda harus tetap hati-hati karena telur bisa pecah saat dipanggang.

Kerak Telur

Kudapan khas Betawi yang satu ini sebenarnya juga menggunakan telur ayam dalam proses pembuatannya. Hanya kerak telur yang menggunakan telur bebek dirasa lebih empuk serta gurih. Tidak percaya? Buat sendiri saja! Bahan yang harus disiapkan antara lain beras ketan yang sudah dicuci dan direndam selama kurang lebih tiga jam. Kemudian siapkan kelapa parut, ebi yang disangrai dan dihaluskan, bawang merah goreng untuk taburan dan campuran, minyak dan telur bebek!

Fuyunghai

Meski bukan merupakan makanan asli Indonesia, Fuyunghai cukup populer di Indonesia. Olahan telur, baik telur ayam atau telur bebek ini memiliki banyak penggemar. Ia termasuk comfort food yang cocok di lidah siapa pun. Untuk membuat Fuyunghai telur bebek, Anda jelas harus menyiapkan beberapa butir telur bebek. Siapkan juga sayuran seperti irisan kubis, wortel, jamur, tauge dan bawang bombay. Jangan lupa untuk menyiapkan daging ayam, udang atau kepiting. Cara memasak Fuyunghai tidak berbeda jauh dari membuat telur dadar pada umumnya. Anda hanya perlu mencampur semua bahan-bahan tersebut lalu goreng pada minyak panas. Siapkan juga saus asam manis yang menjadi ciri khas Fuyunghai.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler