fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Anggaran Telah Ditransfer ke Rekening Desa, BLT Dana Desa Tahap Kedua Segera Disalurkan

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Pemerintah Desa kembali akan menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) pada masyarakat penerima bantuan tersebut. Mulai pekan ini, rencananya sejumlah desa mulai menyalurkan bantuan sebesar 600 ribu pada tahap kedua.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD) Gunungkidul, Subiyantoro menuturkan, pihaknya telah mendapatkan laporan dari sejumlah desa yang rencananya akan menyalurkan BLT pada tahap 2 ini. Dari Pemerintah Kabupaten Gunungkidul sendiri terus melakukan pendampingan dan monitoring untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dan menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat.

“Rencananya sudah ada beberapa desa yang saat ini sudah siap pencairan BLT tahap dua,” kata Subiyantoro, Kamis (28/05/2020).

Lebih lanjut ia mengatakan, ada 32 desa yang sekarang sudah siap mengenai pembagian BLT tahap kedua. Seperti misalnya yang telah melakukan konsultasi seperti Desa Sawahan, Tambakromo, Sidorejo, Karangasem, Mulo, Wonosari, Balong, Jepitu, Pilangrejo, Natah, Watugajah, Serut. Laporan tersebut telah diterima, anggaran dana desa pun juga telah ditransfer ke rekening desa.

“Sudah ada transfer ke rekening sejak beberapa hari lalu,” jelasnya.

Diharapkan, BLT dari pemerintah ini dapat membantu meringankan beban masyarakat di tengah pandemi corona. Dalam seleksi penerima bantuan ini dilakukan pemerintah desa dengan mempertimbangkan sejumlah hal. Khususnya bagi mereka yang sangat membutuhkan.

“Ada juga desa sampai sekarang belum menyelesaikan pemberian BLT. Tapi ada juga desa yang merangkap tahap 1 dan 2 itu sebelum lebaran kemarin,” tambah dia.

Disinggung mengenai BLT yang direncanakan pemerintah pusat menjadi 6 bulan, pihaknya masih belum bisa berkomentar banyak. Dari DP3AKBPMD masih menunggu peraturan baru dari kementerian. Namun demikian, kabar tersebut sudah santer terdengar. Rencananya, BLT sebesar 600 ribu per bulan akan diberikan untuk bulan April, Mei, dan Juni. Kemudian 3 bulan berikutnya diberikan 300 ribu per penerima.

“Baru dipahami sembari menunggu teknisnya bagaimana,”ungkap Subiyantoro.

Sebagaimana diketahui, BLT ini jika pemerintah memprosentasikan secara maksimal bantuan 600 per bulan untuk 3 bulan. Pemerintah mengucurkan anggaran sebesar 42.504.912.709 rupiah untuk 23.614 KK.

Sementara itu, Kepala Desa Mulo, Sugiyarto mengatakan pihaknya telah menyalurkan BLT tahap pertama sebelum lebaran lalu. Kemudian pekan ini pihaknya akan kembali menyalurkan bantuan tahap kedua. Saat ini pemdes juga masih menunggu Perbub mengenai perpanjangan pemberian BLT tersebut.

“Jumat mulai kita bagi lagi. Untuk itu, kita masih menunggu Perbub,” ucapnya.

Dari pemdes sendiri berusaha sebaik mungkin dalam memberikan bantuan ini. Distribusi disesuaikan dengan kondisi masyarakat. Pasalnya selama pandemi ini, banyak warganya yang memang terdampak akibat kelesuan ekonomi yang terjadi.

Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler