fbpx
Connect with us

Peristiwa

BMKG Perkirakan Hujan Lebat Bakal Terjadi di Wilayah DIY saat Momen Pergantian Tahun

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Badan Meteologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  memperkirakan ujan lebat hingga ringan akan terjadi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta saat momentum pergantian tahun. Untuk itu masyarakat dihimbau untuk tetap waspada akan adanya potensi bencana alam.

Kepala Stasiun Klimatologi Mlati, Reni Karnawati mengatakan, sejumlah wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta pada malam pergantian tahun Kamis 31 Desember mendatang akan turun hujan dari lebat hingga ringan. Di Kabupaten Gunungkidul sendiri cuaca diprediksi akan turun hujan dengan intensitas ringan.

“Kecepatan angin normal ya ada pada 5 hingga 10 knot,” papar Reni, Selasa (29/12/2020).

Reni menambahkan, dalam satu Minggu kedepan cuaca di Bumi Handayani cukup bervariasi. Dari hujan ringan hingga lebat.

“Kami minta masyarakat tetap mewaspadai potensi bencana yang mungkin saja terjadi,” ujar Reni.

Ia meminta masyarakat selalu mengupdate info dari BMKG. Selain itu masyarakat juga diimbau untuk melakukan normalisasi sungai agar terhindar dari banjir, mewaspadai daerah rawan longsor dan juga memangkas dahan yang rimbun sebagai antisipasi angin kencang.

“Kalau hujan lebat jangan berlindung di bawah pohon, perlu diwaspadai sambaran petir,” jelas Reni.

Sementara itu, Humas Polres Gunungkidul, Iptu Suryanto memastikan polisi tak memberikan izin apapun saat malam pergantian tahun baru. Pasalnya, saat ini pihaknya masih fokus pada pengendalian penularan covid19.

“Kami bersama tim gugus tugas penanggulangan covid19 sepakat untuk membubarkan berbagai macam kerumunan di malam pergantian tahun,” pungkas dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler