fbpx
Connect with us

Peristiwa

Dampak La Nina Meluas, Belasan Rumah di Patuk Rusak Akibat Pohon Tumbang

Diterbitkan

pada

BDG

Patuk,(pidjar-com-525357.hostingersite.com)–Kalurahan Patuk nampaknya menjadi yang terparah akibat hujan deras yang terjadi pada Sabtu (14/11/2020) sore kemarin. Angin kencang mengakinatkan sejumlah pohon tumbang menimpa rumah warga di Kalurahan Nglanggeran, selain itu beberapa bangunan rumah di jalan Jogja-Wonosari juga turut terdampak, bahkan kantor kapanewon diketahui tertimpa pohon tumbang.

Kepala Badan Pelaksana Bencana Daerah Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan, ada empat titik di Kalurahan Salam yang terkena pohon tumbang. Keempatnya yakni rumah pemilik taman bunga amarilis, Sukadi (50), Kasinem (67), Ma’am (50). Ketiganya merupakan warga Padukuhan Ngasemayu, Kalurahan Salam, Kapanewon Patuk.

“Tidak jauh dari ketiga titik tersebut, di belakang kantor Kapanewon Patuk ada pohon besar tumbang menimpa atapnya,” jelas Edy, Minggu (15/11/2020).

Beruntung, dari keempat titik bangunan tertimpa pohon tersebut hanya dalam kategori rusak ringan. Keempatnya hanya rusak di bagian atap karena genteng pecah tertimpa pohon tumbang.

“Pohon yang roboh macam-macam ada Pohon Jati sampai Pohon Asem, kami imbau semua pihak segera siap menghadapi La Nina, silakan melakukan penebangan mandiri,” tandas Edy.

Dengan demikian jika ditotal terdapat 13 titik lokasi yang terdampak. Mulai dari kabel putus tertimpa pohon, fasilitas umum yang rusak dan juga rumah warga tertimpa pohon.

Berita Lainnya  Ditinggal Istri ke Ladang, Pamin Gantung Diri

“Kami belum menaksir jumlah kerugian berapa,” imbuh dia.

Adapun kerjabakti untuk mengevakuasi lokasi bencana tersebut akan dilaksanakan mulai Minggu pagi ini. Sejumlah personil dari TNI, Polri, BPBD, masyarakat, pamong dan juga FPRB disiagakan untuk mengevakuasi titik-titik terdampak bencana.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler