fbpx
Connect with us

Pendidikan

Dapat Kuota 50%, Baru Puluhan Warga Gunungkidul Yang Mendaftar ke UNY Pada Gelombang Pertama

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Minat masyarakat Gunungkidul untuk melanjutkan pendidikan di sekolah vokasi nampaknya masih belum banyak. Hal ini dilihat dari masih minimnya jumlah calon mahasiswa yang lolos seleksi pada gelombang 1 penerimaan calon mahasiswa baru Kampus Vokasi UNY di Semanu.

Rektor UNY, Sutrisna Wibawa mengatakan, penerimaan calon mahasiswa baru di kampus Vokasi UNY pada gelombang pertama melalui jalur prestasi mencapai 142 orang. Dari jumlah tersebut, 45 diantaranya merupakan warga Gunungkidul dan sisanya berasal dari luar daerah.

“Jumlah pendaftar dari Gunungkidul masih minim. Padahal dalam kerjasama UNY dan Pemkab terdapat kuota 50 persen untuk masyarakat Gunungkidul,” ujar Sutrisna, Rabu (17/06/2020).

Ia menambahkan, dengan demikian dapat disebut bahwa minat warga Gunungkidul masih minim untuk melanjutkan ke jenjang sekolah vokasi. Untuk itu, pihaknya kembali melakukan sosialisasi kepada para kepala sekolah di GUnungkidul untuk menginformasikan adanya pembukaan pendaftaran gelombang selanjutnya.

Berita Lainnya  Orang Tua Tak Mampu Belikan Handphone, Siswi Kurang Mampu Ini Nyaris Berniat Putus Sekolah

“Akan ada gelombang selanjutnya. Saat ini kita sampaikan kepada kepala sekolah agar nantinya disampaikan kepada siswa mereka,” kata dia.

Dirinya berharap, kuota yang telah disediakan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Bagi calon mahasiswa yang kurang mampu, diharapkan dapat mengurus program Kartu Indonesia Pintar (KIP) sehingga biaya kuliah tidak menjadi beban calon mahasiswa.

“Mekanisme pendaftaran juga harus benar. Ketika calon mahasiswa sudah mengurus administrasi, juga ada kewajiban untuk mengisi formulir dan sebagainya. Oleh sebab itu, diperlukan koordinasi dan sosialisasi semua pihak. Agar program penerimaan mahasiswa baru di kampus vokasi dapat berjalan maksimal,” terang Sutrisna.

Sementara itu, Kepala Disdikpora Gunungkidul, Bahron Rasyid memaparkan, dengan dilaksanakannya sosialisasi ini diharapkan sekolah bisa memberikan informasi kepada peserta didik yang sudah lulus untuk mengikuti seleksi di Kampus Vokasi UNY di Semanu. Sehingga kuota yang tersedia tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik.

Berita Lainnya  Belajar Daring dan Libur Lebaran, KBM di Sekolah Diliburkan Hingga 1 Juni

“Saya berharap nantinya dengan melanjutkan ke sekolah vokasi mampu meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM),” beber Bahron

Sebagai informasi, jurusan yang dibuka di vokasi UNY meliputi Administrasi Perkantoran, Akuntansi, Pemasaran, Teknik Boga, Teknik Busana dan Teknik Elektronika.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler