fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Digelontor Anggaran 15 Miliar, Dua Ruas Jalan Ini Akan Dibangun Pemerintah Tahun Ini

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar-com-525357.hostingersite.com)– Infrastruktur merupakan salah satu prioritas pembangunan pemerintah dalam beberapa tahun terakhir. Di Gunungkidul sendiri, hingga saat ini masih banyak jalan yang kondisinya rusak sehingga akses mobilitas masyarakat tersendat, namun beberapa tahun terakhir gelontoran anggaran terus difokuskan untuk pembangunan jalan di sejumlah tuas. Seperti halnya pada 2024 ini, ada 2 jalur yang digelontor anggaran belasan miliar untuk pembangunannya.

Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Wadiyana mengatakan, tahun 2024 ini ada 2 jalan yang menjadi prioritas pembangunan yang menyedot anggaran cukup besar diantaranya yaitu ruas Jalan Semoyo-Pengkok Kapanewon Patuk dan ruas jalan Nangsri-Karangasem. Sejumlah kondisi menjadi salah satu pertimbangan pemerintah untuk memprioritaskan dua jalur tersebut.

Berita Lainnya  Pos Anggaran Nihil, Perbaikan Akses Jalan Menuju Obyek Wisata Harus Bersabar

Anggaran untuk pembangunan 2 ruas jalan tersebut yaitu sebesar Rp 15 miliar. Dimana masing-masing ruas mendapatkan alokasi sebesar Rp 7 miliar lebih.

“Anggarannya dari Dana Alokasi Khusus (DAK),” jelas Wadiyana, Senin (08/01/2024).

Ia menjelaskan nantinya untum program pembangunan tersebut akan segera diproses, baik dari tahapan lelang hingga proses pengerjaannya.

Selain pembangunan menggunakan anggaran DAK, pemerintah juga akan melakukan sejumlah program pembangunan dan rehabilitasi jalan yang berstatus jalan kabupaten. Beberapa ruas juga akan tersasar pembangunan menggunakan anggaran dari APBD Gunungkidul 2024.

“Kalau untuk pembangunan dan rehab dari Pemkab Gunungkidul ada beberapa, namun ini kami masih menunggu bagaimana evaluasi dan pengesahan anggaran,” jelas dia.

Berita Lainnya  Jelang Idul Adha di Tengah Merebaknya PMK, Ironi Bagi Peternak

Pembangunan infrastruktur menjadi salah satu prioritas pemerintah selama beberapa tahun terakhir. Di era kepemimpinan Bupati Gunungkidul, Sunaryata pembangunan dan rehabilitasi jalan diupayakan untuk terus digenjot agar akses mobilitas masyarakat untuk kegiatan ekonomi, pendidikan dan lainnya lebih mudah. Sehingga kesejahteraann paling tidak juga mengalami peningkatan.

Beberapa waktu lalu, Sunaryanta mengatakan, selain di zona tengah dan selatan, zona utara juga terus diupayakan pembangunan jalan dan infrastruktur lainnya. Hal itu sebagai upaya untuk pemerataan infrastruktur dan agar tidak terjadi ketimpangan yang jauh.

“Kita ketahui, salah satu penunjang bergeraknya perekonomian adalah akses infrastruktur yang baik, dan dengan diperbaikinya ruas ini dapat menciptakan ekosistem potensi ekonomi yang baru utamanya diwilayah utara ini,” ucap Sunaryanta.

Berita Lainnya  Tangkal Gantung Diri, Bupati Minta Jajaran Tak Hanya Terbatas Sekedar Lontarkan Ide dan Rapat Saja

“Untuk tahun 2024 akan terus kita kembangkan daerah-daerah yang belum dan akan terus kita intervensi utamanya untuk jalan-jalan yang rusak dan perlu kita perbaiki,” tandas Bupati.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler