fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Dilantik Bupati Hari Ini, 3 Dinas dan Sejumlah Kecamatan Miliki Pemimpin Anyar

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)–Setelah sempat tertunda selama beberapa waktu lamanya. sejumlah kursi pejabat eselon di Pemkab Gunungkidul akhirnya tak lagi lowong. Jumat (15/03/2019) siang tadi di Bangsal Sewokoprojo, Bupati Gunungkidul akhirnya melantik 5 kepala dinas. Tak hanya kalangan pejabat eselon 2 saja, Pemkab Gunungkidul juga melakukan rotasi besar-besaran di kalangan pegawai sebagai upaya peningkatan pelayanan masyarakat. Sebanyak 167 pegawai negeri dari berbagai golongan dan kedudukan dilantik untuk kemudian menduduki jabatan baru.

Adapun para kepala dinas yang dilantik adalah Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan yang diisi oleh Johan Eko Sudarto yang sebelumnya menjabat sebagai Camat Ponjong. Selanjutnya Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang selama ini harus menunggu surat rekomendasi Kemendagri akhirnya diduduki oleh Markus Tri Munarjo yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Organisasi Setda Gunungkidul.

Berita Lainnya  Rapat Dinas dan Pokdarwis Songsong Pembukaan Kembali Obyek Wisata Gunungkidul

Selanjutnya, Kelik Yuniantoro yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bidang Layanan Informasi dan Komunikasi naik pangkat menjadi oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi. Sedangkan untuk jabatan Staf Ahli Bupati Bidang Sosial, Kemasyarakatan dan Sumberdaya Manusia dijabat oleh Siti Isnaini Dekoningrum yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Dinas Kebudayaan. Kemudian Staf Ahli Bupati Politik, Hukum, dan Pemerintahan dijabat oleh Heri Sukaswadi yang sebelumnya menjadi kepala bagian Hukum di Setda Gunungkidul.

“Saya menyadari jika ada keterlambatan dalam pelantikan 5 petinggi pratama ini yang seharusnya dilakukan pada akhir Januari lalu. Karena sebagaimana diketahui beberapa waktu lalu pemerintah masih menunggu rekomendasi dari pusat,” ucap Bupati.

Bupati Badingah dan Wakil Bupati Immawan Wahyudi memberikan selamat kepada pejabat pratama yang dilantik

Bupati menambahkan, pada kesempatan ini, juga dilantik sebanyak 162 pejabat lainnya untuk menduduki jabatan anyar. Rotasi ini dilakukan untuk lebih meningkatkan kinerja di masing-masing OPD. Sehingga pelayanan pada masyarakat jauh lebih optimal kembali.

Berita Lainnya  Sudah 1 Warga Gombang Meninggal Dunia Diduga Akibat Anthraks, 1 Lainnya Kritis

Sejumlah kecamatan juga mendapatkan pemimpin anyar setelah Bupati melakukan pelantikan pada Jumat siang tadi. Diantaranya adalah Azis Budi yang sebelumnya menjabat sebagai Camat Tepus dipindahkan sebagai Camat Ponjong. Untuk Camat Tepus dijabat oleh Alsito yang sebelumnya menjabat sebagai salah seorang kepala bidang di Satuan Polisi Pamong Praja. Untuk Kecamatan Rongkop, dipimpin oleh camat anyar yaitu Agung Danarto yang sebelumnya menjabat sebagai Camat Purwosari. Saat ini, Camat Purwosari dijabat oleh Purwono yang sebelumnya menjabat sebagai Sekcam Purwosari.

“Sesuai dengan aturan yang ada, inovasi dan kreatifitas dalam bekerja. Tidak serta merta kita tunjuk tapi ada tahapan yang dilalui dan screening kualitas yang dimiliki,” imbuh dia.

Lebih lanjut Badingah mengatakan, rotasi jabatan yang dilakukan pada tahun 2019 ini sebenarnya tidaklah besar seperti tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dilakukan diantaranya karena ada beberapa ketugasan atau bidang yang berubah kelembagaannya. Dengan adanya pelantikan ini diharapkan, para pegawai negeri sipil dapat lebih maksimal kembali dalam menjalankan ketugasannya.

Berita Lainnya  Berantas Mesum di Taman Kota Wonosari, Polisi Tugaskan Anggota Khusus Patroli

Ia menekankan pada para pejabat atau pegawai terlantik untuk menjaga netralitas dan tidak bermain dalam Pemilu. Jika nantinya terdapat pegawai negeri yang diketahui ikut campur atau terlibat dalam hal ini, Bupati tidak segan-segan akan segera melakukan tindak lanjut dan memberikan sanksi. Langkah ini dianggap sebagai cambuk agar para pegawai negeri tunduk pada peraturan yang ada.

Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler