fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Dilengkapi Kolam Renang, Rest Area Modern Semin Ditargetkan Selesai Dibangun Tahun Ini

Published

on

Semin,(pidjar.com)–Mimpi masyarakat Gunungkidul bagian utara untuk memiliki rest area dengan fasilitas yang lengkap nampaknya akan segera terealisasi dalam waktu dekat ini. Pasalnya Pemerintah Kecamatan Semin dan sejumlah lembaga lain kian memantapkan diri untuk mengeksekusi pembangunan rest area di kawasan Kali Alang, Desa Kali Tekuk, Kecamatan Semin. Pada tahun 2019 ini, ditargetkan penyempuranaan desain rest area ini bakal selesai dikerjakan.

Sebagaimana diketahui, sejak tahun 2018 silam, Pemerintah Kecamatan Semin dengan lembaga yang ada menggagas pembangunan rest area. Rest area ini dibangun selain sebagai fasilitas bagi masyarakat serta wisatawan, juga digadang-gadang akan meningkatkan perekonomian masyarakat di kawasan utara serta meningkatkan daya saing dalam perkembangan dan memajukan daerah. Diperkirakan untuk pembangunan rest area sendiri memakan anggaran mencapai 10 miliar rupiah.

Camat Semin, Witanto mengatakan, progress dari pembangunan rest area sendiri telah mencapai perampungan proses pembebasan lahan sejak beberapa waktu lalu. Pada tahapan ini, pembebasan lahan dilakukan oleh UPK Semin. Usai pembebasan lahan ini, telah pula dilakukan proses perataan tanah yang saat ini masih berjalan. Jika beberapa tahapan rampung dilakukan, maka akan segera dilakukan pembangunan fisik.

“Baru tahap penyempurnaan desain. Tahun ini kami targetkan selesai,” kata Witanto, Jumat (14/06/2019).

Untuk mewujudkan mimpi masyarakat dan menggeliatkan perekonomian masyarakat, nantinya rest area ini akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai dan memanjakan pengunjung. Beberapa diantara fasilitas yang akan disuguhkan di rest area kawasan utara ini ialah, terdapat panggung budaya, arena bermain anak-anak, serta kios untuk jual beli cindera mata.

Belum lagi, rest area juga akan dilengkapi dengan show room budaya. Menurut Witanto, pihaknya juga sedang membahas dalam pembangunan sebuah kolam renang modern agar pengunjung yang ada semakin betah untuk berada di kawasan tersebut. Kuliner khas Gunungkidul pun juga akan dijajakan, sehingga pengunjung dapat bebas memilih.

“Untuk luas lahan sendiri sekitar 1,7 hektare yang akan dibangun rest area dengan desain modern mengikuti perkembangan kebutuhan dan daerah,” tambahnya.

Selain sebagai lokasi untuk beristirahat, di rest area Semin nantinya juga akan digunakan sebagai tempat pemungutan retribusi bus-bus pariwisata yang masuk ke wilayah Gunungkidul melalui jalur utara. Diprediksi dengan beragam percepatan pembangunan infrastruktur di daerah lain, juga akan berdampak pada kemajuan wilayah Semin yang berbatasan langsung dengan daerah lain.

Sebagai contoh, beberapa waktu belakangan ini aktifitas di kawasan Semin mulai meningkat. Banyak bus-bus pariwisata dari wilayah Jawa Tengah bagian timur dan utara yang melintas di kawasan ini, belum lagi beberapa faktor lainnya juga cukup mempengaruhi perkembangan yang ada.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler