fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Dinas Usulkan Perluasan Lahan TPAS Wukirsari

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar-com-525357.hostingersite.com)– Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gunungkidul mengusulkan perluasan lahan untuk Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Wukirsari, Kalurahan Baleharjo, Kapanewon Wonosari. Hal ini karena kapasitas di lokasi pembuangan dan pengelolaan sampah tersebut sudah mulai melebihi ambang batas atau penuh.

Kepala UPT Kebersihan dan Pertamanan, Dinas Lingkungan Hidup Gunungkidul, Heri Kuswantoro, mengatakan, usulan perluasan lahan untuk menampung sampah baik sampah rumah tangga maupun sampah wisata telah dilakukan sejak beberapa waktu lalu. sebab untuk kondisi di TPAS Wukirsari sudah mendesak karena kapasitasnya sudah penuh akibat volume sampah yang setiap harinya terus bertambah.

“Kami sudah mulai usulkan baik ke DLH Gunungkidul, Bappeda, Wakil Bupati, maupun OPD lain yang membidangi,” kata Heri Kuswantoro.

Berita Lainnya  Teladan, Pengusaha Kuliner Ini Nguyak-uyak Dinas Segera Pasang Tapping Box di Restorannya

Ia menjelaskan, hal ini cukup mendesak karena zona aktif penampungan sekitar 17.627 meter persegi sudah over kapasitas. Untuk saat ini, penanganan sampah yang masuk pengelola terpaksa harus menambah ketinggian setiap gundukan sampah.Sehingga sampah-sampah dari berbagai sumber di Gunungkidul dapat masuk di TPAS dan tertangani.

Lebih lanjut ia mengatakan, usulan perluasan ini diharapkan bisa menggunakan lahan 4,5 hektar yang masih tersisa di lokasi tersebut. Bila perluasan dilakukan maka kapasitas TPAS Wukirsari akan aman untuk menampung sampah-sampah yang masuk.

“Informasi terakhir yang kami terima untuk usulan ini sudah mulai ditindak lanjuti. Dari DPUPRKP Gunungkidul mulai menyusun Detail Engineering Design,” jelas dia.

Ia mengatakan, volume sampah yang masuk setiap tahunnya selalu meningkat. Dicontohkan pada tahun 2019 tercatat sebanyak 13.910,47 ton sampah. Jumlahnya naik menjadi 15.244,98 ton pada 2020; 16.961,15 ton di 2021; dan 16.706,7 ton di 2022. Untuk tahun ini, mulai bulan Januari sampai Juni kemarin sudah 8.582,72 ton sampah yang masuk TPAS Wukirsari.

Berita Lainnya  Kalah Nilai Seleksi, 2 Calon Lurah Getas dan Grogol Dinyatakan Gugur

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gunungkidul, Harry Sukmono mengatakan usulan tambahan zona TPAS Wukirsari juga diajukan ke pusat. Harapannya pembangunan bisa memanfaatkan anggaran dari sana.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler