fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Diperkirakan Melonjak Drastis, DLH Nyatakan Siap Tangani Sampah Libur Akhir Tahun

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gunungkidul memastikan dalam libur Natal dan Tahun Baru 2019 ini, kebersihan di tempat umum, obyek wisata hingga pusat kota tetap akan terjaga dengan baik. Sejumlah personil kebersihan telah disiapkan untuk melakukan pembersihan di kawasan-kawasan tersebut. Para petugas sendiri harus bekerja keras lantaran diprediksi produktifitas sampah pada libur kali ini juga mengalami lonjakan cukup signifikan. Namun demikian, dari dinas berusaha maksimal dalam melakukan penanganan.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gunungkidul, Aris Suryanto memaparkan, untuk persiapan libur Natal dan Tahun Baru di penghujung tahun, nantinya ritme kerja petugas kebersihan tidak akan berubah. Hanya saja memang, di titik-titik tertentu akan terus dipantau baik dalam membersihkan maupun dalam pengangkutan sampah.

Pihaknya memprediksi, libur natal dan tahun baru produksi sampah akan mengalami peningkatan yang drastis. Pasalnya, untuk kunjungan wisatawan diprediksi akan mengalami peningkatan. Belum lagi juga produksi sampah dari sektor lain, sehingga perlu adanya penanganan yang seksama.

“Ndak ada masalah. Nanti sistemnya shift, jadi petugas yang merayakan hari besar bisa mengambil libur. Kalau dari hasil evaluasi tahun lalu, produksi sampah masih bisa tertangani dengan baik. Mudah-mudahan tahun ini pun juga demikian,” kata Aris, Jumat (06/12/2019).

Lebih lanjut, hitung-hitungan lonjakan produksi sampah pada masa libur panjang akhir tahun ini masih terus dilakukan oleh pemerintah khususnya Dinas Lingkungan Hidup Gunungkidul dengan menyesuaikan pada kondisi dan beberapa hal lainnya. Pihaknya juga berupaya untuk memberikan pemahaman pada seluruh sektor agar meningkatkan kesadaran dalam membuang sampah pada tempatnya.

Berita Lainnya  Kualitas Air di Gunungkidul Terus Menurun

“Perlu adanya edukasi kepada semua lini untuk lebih menjaga kebersihan,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu pegawai di Dinas Lingkungan Hidup Gunungkidul, Eko menambahkan jika saat ini, pihaknya masih terus melakukan perhitungan atas prediksi lonjakan produksi sampah di Gunungkidul pada libur natal dan tahun baru. Hitungan ini nantinya akan dibandingkan dengan produksi sampah pada hari biasa dan pada libur hari besar tahun lalu.

“Masih dilakukan perhitungan. Perbandingan dengan tahun lalu tentu menjadi salah satu bahan perhitungan kami,” terang Eko.

Jika pada umumnya, mantan Kepala UPT Kebersihan itu mengatakan, pada hari biasa, sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah rata-rata mencapai 36 hingga 41 ton per hari, sedangkan di hari-hari tertentu selalu ada peningkatan. Terlebih sampah dari obyek wisata, rumah tangga dan beberapa sektor lainnya.

Berita Lainnya  Viral, Sepasang Muda-mudi Kepergok Mesum di Gazebo Gapura Pintu Masuk Gunungkidul

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler