fbpx
Connect with us

Pariwisata

Diresmikan Bupati, Pantai Sepanjang Kini Miliki Kolam Renang dan Home Stay

Diterbitkan

pada

BDG

Tanjungsari,(pidjar.com)–Bupati Gunungkidul, Badingah mengapresiasi pembentukan unit baru Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Kemadang yang kemudian langsung membangun kolam renang di kompleks Pantai Sepanjang. Kolam renang yang cukup megah tersebut dibangun di atas lahan kas desa. Pembangunan ini bahkan nantinya akan dijadikan proyek percontohan di Gunungkidul agar geliat BUMDes semakin tinggi. Selain itu, dengan adanya wahana baru di kawasan wisata ini diharapkan mampu memecah kosentrasi tumpukan wisatawan di titik tertentu yang selama ini terjadi.

Badingah mengatakan, BUMDes sebenarnya memiliki peran penting dalam kesejahteraan masyarakat. Langkah BUMDes Desa Kemadang sendiri dianggap cukup tepat dalam membaca peluang yang ada saat ini. Dengan terobosan-terobosan semacam ini, diharapkan, BUMDes Desa Kemadang bisa memanfaatkan booming pariwisata yang terjadi di Kecamatan Tanjungsari.

Berita Lainnya  Antisipasi Pemkab Gunungkidul Stop Arus Kaburnya Atlet Berbakat Keluar Daerah

“Kita sangat mengapresiasi unit baru BUMDes ini. Dengan ini kita harapkan nanti selain menyejahterakan masyarakat juga mendorong daya tarik kunjungan wisatawan ke Gunungkidul,” ujar Badingan usai meresmikan kolam renang di kawasan Pantai Sepanjang, Senin (17/02/2020).

Selain itu, Badingah berharap adanya wahana baru ini diharapkan juga mampu memecah konsentrasi penumpukan wisatawan di titik tertentu. Sehingga nantinya juga akan berdampak pada kelancaran lalu lintas yang membuat para wisatawan semakin nyaman.

“Setelah bermain ke pantai bisa renang dulu istirahat di sini. Ada dua kolam dan home stay yang bisa dinikmati oleh wisatawan,” ucap dia.

Sementara itu, Tim Pengelola Kegiatan Kemitraan (TPKK) Desa Kemadang, Nurwahyudin membeberkan, untuk kegiatan fisik, saat ini telah selesai dibangun. Selanjutnya, pihaknya akan melakukan serah terima kepada pihak desa dalam ini BUMDes.

Berita Lainnya  Puluhan Ribu Rumah Tangga Akan Terima Bantuan Tunai Hingga 4 Bulan ke Depan

“Secara fisik sudah selesai dikerjakan, untuk pengembangan nantinya di BUMDes. Kalau di sini ada dua home stay, dua kolam renang dengan kedalaman berbeda yakni 75 cm dan 150 cm,” ujarnya.

Ketua BUMDes Desa Kemadang, Subroto menambahkan, secara resmi aturan untuk biaya tiket masuk memang belum ditetapkan. Namun pihaknya menjamin, harga tiket masuk di kolam renang tersebut tidaklah mahal.

“Untuk kegiatan sekolah, anak sekolah itu Rp 5000 per anak, untuk umum Rp 8 ribu. Sedangkan untuk home stay per malam Rp 750 ribu. Nanti akan segera kita tetapkan,” ucap dia.

Pihaknya juga telah merencanakan pengembangan. Namun begitu, pengembangan sendiri dilakukan secara bertahap. Adanya kolam renang dan home stay sendiri merupakan unit usaha baru milik BUMDes Desa Kemadang. Dirinya berharap dengan adanya kolam renang ini dapat meningkatkan geliat ekonomi masyarakat.

Berita Lainnya  Tujuh Ribu Pemudik Sudah Masuk ke Gunungkidul, Wakil Bupati Minta Tak Ada Persekusi

“Salah satu kebijakan kami, di dalam kawasan kolam ini tidak ada pedagang. Jadi kalau mau jajan ya di warung di luar milik masyarakat, sekaligus kita akan menghidupkan kios-kios yang mati itu nantinya,” pungkas Subroto.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler