fbpx
Connect with us

Pariwisata

Diserbu Wisatawan Pada Libur Nataru, Okupansi Hotel di Gunungkidul Selalu Padat

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Momen libur natal dan tahun baru 2024 yang lumayan panjang ini dimanfaatkan untuk ber wisata ke berbagai wilayah. Salah satu daerah yang menjadi tujuan wisata adalah Kabupaten Gunungkidul yang memiliki banyak sekali pilihan obyek wisata, baik wisata pantai, minat khusus dan lain sebagainya. Sejak tanggal 23 Desember 2023 kemarin, kunjungan wisatawan ke Gunungkidul membludak, hal ini menjadi hal positif bagi Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) okupansi hotel sangat padat.

Ketua PHRI Gunungkidul, Sunyoto mengatakan, jumlah wisatawan yang bermalam di Gunungkidul menurutnya ada peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan libur lebaran di tahun 2023 kemarin. Dengan kondisi ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha hotel dan restoran di Bumi Handayani.

Berita Lainnya  Jelang Lebaran, Belalang Goreng Gunungkidul Mendadak Langka dan Mahal

Okupansi hotel di Kabupaten Gunungkidul pada periode 23 Desember sampai dengan 31 Desember kemarin cukup padat. Rerata sekitar 80 sampai 90 persen, beberapa hotel yang letaknya strategis dengan obyek wisata pun dilaporkan selalu penuh 100 persen.

“Untuk okupansi hotel ini kami terus berkoordinasi setiap harinya dengan tiap-tiap pengelola hotel. Momentum Natal dan Tahun baru ini kan liburnya lama, berdasarkan laporan ya rata-rata sekitar 80 sampai 90 persen,” papar Sunyoto, Senin (01/01/2024).

Lebih lanjut ia mengungkapkan, pada periode 23 Desember 25 Desember beberapa hotel berbintang di Gunungkidul okupansi mencapai 100 persen. Namun kemudian beranjak turun selepas 26 Desember 2023 dan kembali meningkat di tanggal 29 Desember sampai 1 Januari 2024 ini. Meskipun demikian, ada beberapa yang tingkat keterisiannya selalu 100 persen.

Berita Lainnya  Maklumat Kapolri Jadi Pedoman, Dinpar Masih Akan Terus Tutup Obyek Wisata di Gunungkidul

“Kami memang memprediksikan kunjungan memang lebih bagus dibandingkan dengan lebaran kemarin. Dan untuk saat ini Insyaallah sesuai prediksi karena hari liburnya lama,” sambung dia.

Kawasan wisata pantai Gunungkidul hingga saat ini masih menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan. 31 Desember 2023 kemarin ribuan pengunjung memadati pesisir selatan untuk menikmati suasana dan panorama laut lepas. Selain bermalam di hotel, kalangan muda-mudi banyak yang menghabiskan malam pergantian tahun di pinggir pantai dengan camping.

Beberapa pantai menjadi salah satu tujuan para wisatawan ini untuk camping. Tanggal 1 Januari ini pun kunjungan wisatawan ke pantai juga masih terus membludak.

Koordinator Pos Retribusi Utama Pantai Baron, Sumarjo mengatakan sejak beberapa hari terakhir kunjungan wisatawan terus meningkat. Puncaknya pada 31 Desember 2023 dan 1 Januari 2024 ini, sejak pagi sudah banyak kendaraan pribadi maupun bus-bus besar dan kendaraan umum lainnya yang masuk ke wilayah pantai.

“Sebelum pergantian tahun cukup padat kunjungan wisatawan,” ujar Sumarjo.

Berita Lainnya  Kali Ngalang Akan Disulap Jadi Obyek Wisata Edukasi

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler