fbpx
Connect with us

Info Ringan

Empat Penyebab Diare saat puasa

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Diare adalah kondisi yang dapat terjadi akibat hipersekresi atau kelebihan pengeluaran garam dan air ke saluran pencernaan karena minum minuman berkafein tinggi. Mengonsumsi jus buah dan smoothie dalam jumlah banyak yang biasanya mengandung fruktosa banyak, juga dapat menyebabkan diare dan kembung pada beberapa orang. Meskipun puasa tidak dapat menyebabkan diare, makanan yang dikonsumsi saat berbuka puasa mungkin termasuk kebiasaan tidak sehat dapat memengaruhi pergerakan usus. Berikut adalah beberapa alasan dan kebiasaan buruk yang menjadi penyebab diare saat puasa.

Makan Berlebihan saat Berbuka Puasa

Makan terlalu banyak ketika waktu berbuka dapat menyebabkan keasaman, ketidaknyamanan perut, dan gastritis. Dalam kebanyakan kasus, makan berlebihan saat berpuasa puasa dapat memberikan tekanan pada perut, menyebabkan mulas, dan masalah pencernaan lainnya. Juga, dengan kadar enzim pencernaan terbatas karena puasa, kelebihan makanan dan cairan dapat mengganggu proses pencernaan dan menyebabkan ketidaknyamanan.

Peta Sebaran Status COVID-19 di Kabupaten Gunungkidul
*Credits: https://bit.ly/statCovGK (updated)

Langsung Makan Besar saat Berbuka Puasa

Berita Lainnya  Lima Alasan Mengapa Arsitek Memiliki Gaji Tinggi

Sangat penting untuk menghindari penyebab diare saat puasa, yakni dengan makan makanan secara bertahap dengan porsi kecil agar sistem pencernaan memiliki cukup waktu untuk menyesuaikan diri dan berfungsi dengan baik. Oleh karenanya, sebaiknya berbukalah dengan makanan kecil seperti kurma dengan segelas air. Setelah menjalankan salat magrib, Anda bisa menyantap makanan utama.

Makan Makanan Berminyak, Digoreng, Pedas, dan Minuman Berkafein

Makan makanan berlemak tinggi dapat memperlambat pencernaan dan menyebabkan naiknya asam lambung, sementara makanan pedas dapat mengiritasi lambung. Minum minuman yang mengandung tinggi kafein seperti kopi dan teh juga menjadi pemicu diare. Sementara lemak biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, yang dalam beberapa kasus dapat menyebabkan mual atau diare. Jadi, sebaiknya menghindari makanan penyebab diare saat puasa seperti yang digoreng atau pedas karena dapat memperburuk pencernaan dan menyebabkan kram.

Berita Lainnya  Menikmati Sunset di Embung Nglanggeran

Penyebab Lainnya

Selain penyebab diare yang telah dijelaskan di atas, ada beberapa penyebab umum diare lainnya, termasuk intoleransi laktosa, kekurangan mineral, reaksi alergi, infeksi, penyakit CrohnIrritable Bowel Syndrome with Diarrhea (IBS-D), dan diet yang buruk.

 

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler