fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Efek Samping Memakai Softlens

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Selain tidak ribet dengan memakai kaca mata, menggunakan softlens lebih menunjang penampilan. Ditambah lagi dengan pilihan warnanya yang beragam, sehingga mata kamu akan tampak lebih indah. Sebaiknya kamu tidak hanya melihat trennya saja, tetapi waspadalah dengan tingkat bahayanya. Berikut ini tanda bahaya yang bisa terjadi saat seseorang dengan mata normal, menggunakan softlens.

Menyebabkan Mata Kering

Dampak yang paling umum terjadi pada pemakaian softlens untuk mata normal adalah mata menjadi kering. Kebanyakan orang yang mengalami mata kering diawali oleh pemakaian softlens dalam waktu lama. Pemakaian softlens dalam waktu lama bisa membuat lapisan air di mata menjadi terganggu. Padahal lapisan air tersebut berfungsi untuk melindungi bagian permukaan mata. Itulah yang nantinya akan membuat mata menjadi seperti berpasir atau terbakar.

Mata Merah

Dampak atau efek bahaya lainnya dari pemakaian softlens untuk mata normal adalah mata menjadi merah. Namun, kondisi ini sering dianggap remeh oleh penggunanya. Jika tidak ditangani dengan baik, masalah ini bisa membuat komplikasi. Dimana komplikasi tersebut tergantung pada tipe konjungtivitis pada pengguna softlens tersebut. Contohnya ketika bakteri masuk ke dalam aliran darah kemudian menyerang jaringan tubuh. Hal itu biasanya terjadi pada kondisi konjungtivitis infektif. Komplikasi dengan tipe tersebut bisa menimbulkan infeksi telinga di bagian tengah atau infeksi di bagian lapisan pelindung saraf, yang terdapat di tulang belakang otak. Konjungtivitis ini juga bisa memicu terjadinya peradangan di bagian kornea mata. Sehingga si penderita mengalami sensitivitas terhadap cahaya. Bahkan dampak yang lebih bahaya lainnya yaitu kebutaan jika muncul tukak di kornea dan membuat mata menjadi rusak secara permanen.

Abrasi Kornea

Softlens yang kotor juga bisa menyebabkan abrasi atau tergoresnya bagian kornea mata. Kondisi tersebut juga bisa membuat penderitanya merasa tidak nyaman bahkan sakit parah. Jika tak ditangani dengan baik maka abrasi ini juga bisa membuat kualitas penglihatan menjadi menurun.

Infeksi dan Ulkus di Kornea

Dampak lainnya yaitu terjadinya infeksi atau ulkus di bagian kornea mata. Kondisi ini bahkan bisa berkembang dengan lebih cepat dan sangat serius. Dalam kasus yang cukup langka, ulkus kornea juga bisa menimbulkan kebutaan.

Mata Iritasi

Kamu harus sering membersihkan lensa kontak, karena softlens juga bisa membuat mata menjadi iritasi jika softlens tersebut kotor. Selain itu, lensa juga tidak boleh kering supaya mata kamu tidak menjadi iritasi.

Nyeri di Bagian Mata dan Mata Bengkak

Timbulnya nyeri pada mata bisa terjadi karena pemakaian softlens yang terlalu lama. Karena ukuran softlens dan bola mata yang berbeda akan membuat mata menjadi nyeri dan tidak nyaman. Selain itu, ketika kamu mengenakan softlens kemudian mata menjadi berair secara terus menerus, maka hal itu bisa membuat mata menjadi bengkak. Hal itu disebabkan oleh bakteri yang masuk ke mata.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler