fbpx
Connect with us

Uncategorized

Enam Manfaat Tepung Maizena Untuk Kesehatan

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Tepung maizena terbuat dari bagian lapisan luar dari biji jagung dan melewati berbagai proses untuk bisa berbentuk seperti tepung.  Jenis tepung ini sering kali dikenal sebagai bahan untuk mengentalkan saus atau kuah pada makanan. Kandungan nutrisi tepung jagung per 100 gramnya terdiri dari 0,1 gram lemak, 9 mg natrium, 3 mg kalium, 91 gram karbohidrat, 0,9 gram serat pangan, 0,3 gram protein, 2 mg kalium, 0,5 mg zat besi, dan 3 mg magnesium. Selain itu, satu cangkir tepung maizena mengandung 488 kalori. Tepung maizena atau cornstarch berbagai memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari yang jarang diketahui seperti berikut ini.

Masker Untuk Wajah Berminyak

Tepung maizena memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan. Tepung ini bisa dijadikan bahan campuran dalam pembuatan masker wajah. Dalam pembuatan masker tepung maizena, Anda bisa menambahkan bahan–bahan lainnya, seperti madu, perasan air lemon, minyak zaitun atau lainnya. Tepung maizena juga bisa digunakan untuk scrub dalam lulur. Tepung maizena aman digunakan karena tidak mengandung mercury sehingga bisa mengurangi minyak berlebih yang ada pada wajah.

Mencegah Anemia

Tepung maizena memiliki kandungan vitamin B dan asam folat yang berguna untuk mencegah anemia. Anemia adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat atau ketika sel darah merah tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya, organ tubuh tidak mendapat cukup oksigen sehingga membuat penderita anemia pucat dan mudah lelah.

Bebas Gluten

Bagi penderita celiac atau sensitif terhadap gluten, tepung maizena bisa menjadi opsi alternatif. Gluten merupakan jenis protein yang banyak ditemukan pada biji-bijian, seperti gandum hitam, atau dalam tepung terigu. Penderita penyakit ini dapat merasakan gejala ringan hingga berat saat mengonsumsi makanan yang mengandung gluten. Gejala paling umum yang sering dirasakan penderita penyakit celiac adalah diare, kembung, mual, sakit perut, dan sembelit. Jika terus-menerus mengonsumsi makanan bergluten dalam jangka waktu lama, penderita penyakit celiac berisiko mengalami komplikasi serius, mulai malnutrisi hingga kanker usus halus. Anda bisa memilih tepung maizena sebagai pengganti karbohidrat tinggi gluten lainnya.

Membantu Penanganan Hipoglikemia

Hipoglikemia merupakan gangguan kesehatan yang terjadi ketika kadar gula dalam darah berada di bawah batas normal. Mengonsumsi tepung maizena mentah dapat memasok tubuh dengan aliran glukosa yang lambat dan stabil sehingga bisa mencegah hipglikemia. Tepung jagung ini juga telah digunakan untuk mengatasi gula darah rendah pada penderita diabetes dan penyakit penyimpanan glikogen.

Memperkuat Tulang

Jagung merupakan bahan dasar dalam pembuatan tepung maizena. Tepung maizena memiliki kandungan zat besi yang bisa membantu tulang kita tetap kuat. Tepung maizena mampu memenuhi kebutuhan zat besi harian.

Mengatasi Minyak Berlebih Pada Rambut

Selain digunakan sebagai masker wajah, tepung maizena juga bisa digunakan untuk atasi minyak berlebih pada rambut, khususnya wanita. Sebagian besar wanita memiliki rambut berminyak. Sebenarnya, rambut berminyak merupakan tanda rambut sehat. Minyak yang ada di rambut berfungsi untuk melindungi rambut. Bagi Anda wanita yang memiliki masalah minyak berlebih pada rambutmu, menggunakan tepung maizena bisa menjadi solusi. Caranya dengan menabur sedikit tepung maizena pada rambut.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler