fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Manfaat Tidur Siang

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Penelitian menunjukkan bahwa tidur siang juga baik untuk orang dewasa. Jadi, enggak ada salahnya bila Anda mengambil waktu sejenak di sela-sela waktu kerja untuk tidur siang. Tidur siang justru bisa meningkatkan daya ingat dan kinerja, sehingga Anda bisa lebih produktif lho. Yuk, simak manfaat tidur siang di sini.

Meningkatkan Daya Ingat

Penelitian mengungkapkan bahwa tidur memiliki peran penting bagi otak dalam menyimpan ingatan. Dengan tidur siang, Anda bisa mengingat hal-hal yang telah dipelajari sebelumnya di hari itu. Tidur siang juga bermanfaat untuk mencegah Anda melupakan hal-hal penting seperti keterampilan motorik, persepsi indera, dan ingatan verbal.

Tetap Produktif

Ketika Anda mengerjakan berbagai macam tugas sepanjang hari, kinerja Anda cenderung menurun seiring berjalannya waktu. Itulah mengapa banyak pekerja yang sudah tidak konsentrasi bekerja menjelang malam. Nah, tidur siang bisa membantu Anda memiliki kinerja yang lebih konsisten.

Memperbaiki Suasana Hati

Bila Anda sedang merasa sedih atau bad mood, cobalah tidur siang sejenak. Cara tersebut efektif untuk mengangkat semangat Anda, lho. Tidur siang atau bahkan hanya beristirahat selama satu jam tanpa tidur bisa mencerahkan penampilan Anda. Para ahli mengatakan relaksasi yang dilakukan dengan berbaring atau beristirahat adalah penambah suasana hati yang sangat baik, baik Anda tertidur maupun tidak.

Meningkatkan Kewaspadaan

Setelah melakukan perjalanan jauh atau mengerjakan tugas yang berat, Anda biasanya akan cenderung mengantuk dan sulit berkonsentrasi. Nah, tidur merupakan cara yang ampuh guna mengembalikan kewaspadaan Anda. Sebuah studi dari NASA (National Aeronautics and Space Administration) menunjukkan bahwa pilot yang tidur siang selama 40 menit menjadi jauh lebih waspada.

Meningkatkan Kesabaran

Tahukah Anda, tidur siang ternyata bisa membuat Anda jadi lebih sabar, lho. Peneliti dari Universitas Michigan, Amerika Serikat melakukan penelitian pada beberapa orang terkait hal tersebut. Para peserta diminta untuk mengerjakan tugas yang sangat menyebalkan, yaitu menggambar desain geometris pada layar komputer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta yang sudah tidur siang mampu bersabar dan mengerjakan tugas tersebut selama 90 menit. Sementara itu, peserta yang tidak tidur siang hanya mampu bertahan selama 45 menit.

Meningkatkan Kreativitas

Beberapa pekerjaan menuntut kreativitas yang tinggi secara terus-menerus. Nah, bila kreativitas Anda sedang buntu, coba deh untuk tidur siang. Manfaat tidur siang untuk meningkatkan kreativitas sudah dibuktikan oleh studi yang dilakukan oleh psikiater dari Universitas California, Sara Mednick. Studi tersebut menemukan bahwa orang yang tidur siang, baik dengan gerakan mata yang cepat maupun tidur nyenyak sampai bermimpi, lebih kreatif daripada mereka yang tidak tidur siang.

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler