fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Tips Mengetahui Potensi Diri

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Sebuah potensi tidak harus  selalu menguntungkan secara finansial, tapi jika Anda mengenali  Anda sendiri, Anda dapat melakukan pekerjaan Anda dengan memanfaatkan bakat tersebut. Bahkan, bukan tidak mungkin jika Anda menemukan cara untuk menghasilkan uang dari bakat Anda. Lalu bagaimana caranya untuk mengetahui potensi diri sendiri. Mari  simak tips-tipsnya berikut ini.

Berhenti Menunggu

Sebuah bakat tidak akan muncul hanya dengan berdiam diri. Seperti halnya memancing ikan, Anda harus menggunakan umpan agar ikannya muncul dan dapat ditangkap. Begitu juga dengan bakat yang terpendam dalam diri Anda. Mulailah mengeksplorasi kemampuan Anda dengan melakukan hal-hal baru. Anda bisa coba membuat daftar kegiatan baru yang harus Anda lakukan setiap minggunya. Mungkin Anda akan menemukan bahwa Anda tidak mengetahui apapun tentang kegiatan yang baru Anda coba. Cobalah untuk melihat hal apa yang diperlukan untuk melakukan kegiatan tersebut dan sejauh mana Anda mampu melakukannya.

Anda akan menyadari sesuatu dalam diri Anda. Biarkan naluri Anda yang bekerja dan Anda dapat menentukan apakah kegiatan tersebut cocok untuk Anda atau tidak. Mulai belajar bermain gitar untuk mengenali bakat Anda dalam bermusik. Anda juga bisa mencoba aktivitas diluar seperti mendaki atau panjat dinding dan lihat apakah Anda berbakat dalam bidang tersebut.

Mulailah dari Hal yang Mudah

Berita Lainnya  Delapan Tips Mengajari si Kecil Belajar Menabung

Hal apa yang Anda sukai? Kegiatan apa yang dapat Anda lakukan tanpa harus berpikir keras tentang caranya Perhatikan kembali obsesi Anda dan hal yang paling Anda sukai. Jika Anda suka membaca atau menari, Anda tidak perlu mencoba dulu hal lain seperti belajar menyelam.

Melakukan hal yang termudah bagi Anda akan menjadi petunjuk awal dari bakat terpendam yang Anda miliki. Jika Anda masih bingung memilih aktivitas yang tepat untuk Anda, cobalah mendengar pendapat orang lain tentang Anda. Mintalah pendapat dari keluarga dan teman teman untuk membantu Anda menemukan hal dapat Anda lakukan dengan mudah.

Coba Hal-hal yang Sulit

Seperti sebuah permainan, Anda harus meningkatkan kemampuan Anda setelah menaikkan level permainan. Jika Anda takut untuk mencobanya, lakukanlah secara perlahan. Ambil pena dan secarik kertas, lalu tuliskan hal apa saja yang membuat Anda takut. Tuliskan juga apa saja yang ingin Anda lakukan sejak lama. Jika Anda sudah memiliki daftarnya, mulailah untuk menghadapi ketakutan Anda dan wujudkan keinginan Anda. Mulai pelajari berbagai bakat dan keterampilan dan nikmati prosesnya. Bermain gitar seperti Jimi Hendrix mungkin terlihat mustahil bagi Anda. Tapi Anda tidak akan tahu sejauh apa sulitnya sebelum anda mencobanya.

Apa yang terlihat sulit belum tentu seperti kelihatannya jika Anda mencobanya. Cara orang melihat sebuah kesulitan cenderung berbeda beda dan subjektif, terlebih jika pendapat tersebut diungkapkan oleh mereka yang belum pernah mencobanya. Mari kita ambil contoh dari sejarah. James Earl Jones, pengisi suara Darth Vader dalam film Star Wars, dan Shakespeare pernah menderita kegagapan yang parah. Mereka berdua takut untuk berbicara di depan orang banyak. Namun mereka menghadapi ketakutannya dan kini mereka dikenal sebagai salah satu aktor dan seniman yang paling berbakat di dunia.

Berita Lainnya  Tujuh Tips Menata Kamar Tidur Agar Lebih Rapi

Ikuti Obsesi Diri

Setiap orang pasti memiliki obsesinya masing-masing. Hal apa yang selalu Anda bicarakan pada orang lain hingga mereka bosan mendengarnya? Gunakan obsesi Anda untuk menemukan bakat tersembunyi Anda. Walaupun ternyata Anda terobsesi pada sesuatu yang biasa saja, seperti menonton film, jangan anggap obsesi Anda tidak berguna. Mungkin saja Anda memiliki bakat dalam membuat cerita, menulis, atau menganalisa sebuah narasi. Atau mungkin Anda berbakat dalam menentukan sudut kamera dengan baik.

Seorang kritikus biasanya memulai karirnya dari hal sederhana seperti ini. Karena itu, coba salurkan obsesi Anda pada hal-hal yang dapat meningkatkan kemampuan Anda seperti mempelajari sejarah film atau proses pembuatan film.

Berita Lainnya  Tujuh Jenis Tanaman Janda Bolong

Hargai Setiap Keberhasilan Diri Sendiri

Jika Anda merasa bahwa Anda adalah orang yang tidak berbakat, mungkin Anda tidak memperhatikan hal-hal kecil yang berhasil Anda lakukan. Perhatikan dengan baik kesuksesan yang sudah Anda capai, baik yang besar maupun yang kecil. Kenali elemen dasar dari kesuksesan Anda untuk menemukan bakat tersebut.

Misalnya, jika Anda mengadakan sebuah pesta kecil, mungkin hal ini bukanlah sebuah bakat. Tapi jika Anda mampu membuat rencana dan mengatur semua hal agar pesta Anda berhasil, mungkin Anda berbakat dalam bidang manajemen atau kepemimpinan.

Abaikan Acara TV

Saat ini banyak sekali acara TV yang bertema ajang pencarian bakat. Sayangnya acara TV seperti ini memberikan definisi yang sempit tentang bakat itu sendiri. Bakat tidak harus selalu dinilai dari sudut pandang keuntungan atau sesuatu yang dapat menghasilkan uang saja. Jika seperti ini cara orang menilai sebuah bakat, maka banyak sekali orang yang merasa tidak berbakat.

Bakat adalah sesuatu yang harus diperjuangkan dengan penuh dedikasi, pemikiran kreatif, dan perhatian pada hal-hal kecil. Bakat juga berarti bahwa Anda memiliki rasa penasaran yang tinggi dalam mengembangkan sebuah kemampuan. Bakat seperti ini yang harus dicari untuk membuat Anda lebih baik dari sebelumnya.

 

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler