fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Habitat Pendaratan Penyu Yang Makin Terdesak Oleh Perkembangan Pariwisata

Diterbitkan

pada

Wonosari, (pidjar.com)–Kabupaten Gunungkidul tak hanya menyimpan potensi keindahan panorama pantainya saja, namun juga keanekaragaman satwa baharinya yang luar biasa. Sejumlah pantai pun telah banyak dikenal sebagai lokasi pendaratan dan perkembangbiakan penyu. Namun seiring dengan meningkatnya aktivitas pariwisata, menjadi tantangan tersendiri bagi upaya konservasi habitat penyu di pesisir Gunungkidul.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Dinas Kelautan dan Perikanan Gunungkidul, Handoko, menyampaikan, secara keseluruhan, pantai di Gunungkidul berpotensi menjadi lokasi pendaratan dan habitat penyu. Dari catatan yang ia miliki, sebanyak dua belas pantai pun ditetapkan sebagai habitat penyu. Namun demikian, ia mengungkapkan jika saat ini pihaknya tidak memiliki kewenangan terkait konservasi penyu lantaran kebijakannya berada di ranah pemerintah provinsi.

Berita Lainnya  Siswa Baru Penyalahguna SKTM Akan Dicoret Dari Sekolah Negeri

“Untuk konservasi itu, sejak tahun 2017 itu menjadi ranah provinsi, wilayah perairan 5 sampai 12 mil itu wewenang provinsi dan lebih dari 12 mil itu kewenangan pusat,” ucapnya, Sabtu (12/03/2022).

Ia menjelaskan, penyu memiliki karakteristik menyukai tempat yang sepi untuk mendarat dan bertelur. Namun demikian, menurutnya dengan pesatnya perkembangan di wilayah pesisir turut berpengaruh terhadap kebiasaan penyu yang mendarat di pantai Gunungkidul.

“Penyu memang bukan komoditas yang boleh ditangkap, ada 12 lokasi pendaratan penyu tapi tidak menutup kemungkinan semua pantai di Gunungkidul menjadi lokasi pendaratan,” imbuh Handoko.

Ia menjelaskan proses pembinaan dan pengawasan habitat penyu sepenuhnya menjadi ranah pemerintah provinsi sehingga pihaknya hanya mengikuti kebijakan di atasnya. Namun begitu menurutnya, perlu ada penegasan terkait lokasi habitat penyu agar tetap terjaga dan tidak diganggu oleh aktivitas pariwisata untuk menjaganya.

Berita Lainnya  Kejanggalan Seleksi Perangkat Sidorejo, Nilai Keluar Saat Masih Kerjakan Soal Hingga Rekomendasi Panewu Terbit Saat Pelantikan

“Sekarang kan sudah banyak ya yang bermalam di pantai, hampir di semua pantai seperti itu. Semakin banyak pantai yang dibuka ya mungkin akan semakin sedikit lokasi pendaratan penyu atau justru membuat penyu berpindah tempat mendarat,” tutup Handoko.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler