fbpx
Connect with us

Sosial

Hari Kedua Lebaran, Wisatawan Mulai Padati Kawasan Pantai Selatan

Published

on

Tanjungsari,(pidjar.com)–Seperti sudah diperkirakan, kunjungan wisatawan mulai meningkat signifikan mulai hari kedua lebaran. Masyarakat yang memilih untuk berlibur bersama sanak keluarga mulai memadati obyek-obyek wisata unggulan di Gunungkidul. Sejak Kamis (06/06/2019) pagi tadi, ribuan wisatawan mulai memadati obyek wisata khususnya pantai selatan. Dari jumlah tersebut, wisatawan lokal masih nampak mendominasi pada h+1 lebaran tahun ini.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Supartono saat melakukan pantauan langsung di pos retribusi JJLS Baron mengatakan, sampai Kamis siang ini tercatat sekitar 8.600 pengunjung memasuki kawasan wisata pantai. Jumlah tersebut menurutnya diperoleh dari data dua pos retribusi yang berada di kawasan pantai Baron.

“Untuk TPR utama Pantai Baron tercatat ada 6.000 wisatawan. Untuk pos retribusi JJLS ada 2.600 wisatawan,” ujar dia, Kamis siang.

Menurutnya, pada hari libur lebaran kali ini wisatawan lokal masih mendominasi untuk kunjungan ke obyek wisata pantai. Diperkirakan gelombang kedatangan wisatawan dari luar daerah akan terjadi mulai esok.

Sementara untuk obyek wisata lainnya, hingga saat ini masih terpantau belum ada peningkatan siginidikan terkait kunjungan wisatawan. Info terakhir yang ia terima, kawasan wisata non pantai saat ini masih cenderung lengang.

“Jam 10.00 WIB tadi info yang masuk untuk kawasan wisata non pantai masih sepi,” ucap dia.

Ia menjelaskan, jumlah kunjungan wisatawan diperkirakan akan terus mengalami peningkatan. Terlihat, semakin siang jumlah kendaraan roda empat yang memasuki obyek wisata semakin meningkat.

“Kita buat dua jalur, untuk motor dan mobil sendiri-sendiri agar pelayanan di pos TPR dapat lebih lancar. Karena saat ini mulai banyak mobil,” katanya.

Sementara itu, Ketua SAR Satlinmas Wilayah II, Marjono mengatakan, kedatangan wisatawan di kawasan pantai selatan Gunungkidul terjadi sejak Rabu (05/06/2019) malam tadi. Pihaknya saat ini terus melakukan pantauan terhadap wisatawan agar nantinya tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

“Sejak semalam sudah mulai banyak berdatangan. Kami ada 26 personil yang hari ini siap siaga,” ucap Marjono.

Ia menambahkan, untuk di wilayahnya sendiri kunjungan wisatawan menyebar di seluruh pantai yang ada. Sehingga volume wisatawan saat ini masih cenderung tidak begitu padat.

“Wisatawan menyebar ke seluruh pantai. Tidak ada yang dominan, semua hampir rata,” bebernya.

Terkait dengan serangan ubur-ubur, Marjono mengatakan saat ini sudah mulai berkurang. Namun demikian pihaknya menghimbau kepada wisatawan untuk tetap waspada ketika bermain di air.

Terpisah, Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Mega Tetuko menjelaskan, untuk kondisi arus lalu lintas di Gunungkidul masih cenderung lancar. Peningkatan volume kendaraan hanya terjadi di jalur-jalur menuju obyek wisata.

“Jalur wisata mulai ada peningkatan, untuk Jogja-Wonosari masih ramai lancar,” ucap dia.

Terkait dengan rekayasa lalu lintas sendiri, pihaknya akan mengarahkan wisatawan ke arah TPR Baron jika nantinya terjadi kepadatan. Namun begitu, rekayasa lalu lintas tersebut akan dilakukan melihat kondisi yang ada.

“Mulai pagi ini, wisatawan dengan bus besar semua lewat TPR induk Baron,” terang Mega.

Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler