fbpx
Connect with us

Sosial

Investor Terus Masuk, Tahun Depan Diperkirakan Ada Ribuan Lapangan Pekerjaan Anyar di Gunungkidul

Diterbitkan

pada tanggal

––>

Wonosari,(pidjar.com)–Investasi bidang industri di Kabupaten Gunungkidul diharapkan mampu menjadi solusi bagi masalah pengangguran. Pasalnya, diharapkan dengan semakin banyaknya industri yang masuk, maka berbanding lurus dengan jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia. Beberapa waktu terakhir ini, ribuan lapangan pekerjaan di sejumlah industri yang mulai beroperasi di Gunungkidul telah terisi oleh para pencari kerja.

Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat. Pada tahun 2020 mendatang, diprediksi ada ribuan lapangan pekerjaan yang akan kembali tersedia bagi masyarakat Gunungkidul. Hal ini lantaran, sejumlah perusahaan-perusahaan besar akan mulai dibangun dan bahkan beroperasi. Salah satunya adalah sebuah perusahaan pakaian jadi yang berada di Padukuhan Nitikan Barat, Desa Semanu, Kecamatan Semanu. Perusahaan yang saat ini dalam proses pembangunan tersebut, tahun 2020 mendatang akan membuka lapangan pekerjaan sebanyak 300 karyawan.

Staf Penetapan, Bidang Tenaga Kerja, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Gunungkidul, Yoga Utomo Budi Nugroho mengungkapkan, sebagai tahap awal, perusahaan yang akan segera beroperasi itu memang membutuhkan 300 karyawan. Jumlah ini dipastikan dapat bertambah disesuaikan dengan kondisi.

“Yang baru masuk ke dinas kami, kebutuhan 300 karyawan. Dengan rincian 10 satpam, 260 operator, belum lagi admin, staf dan beberapa posisi lainnya,” kata Yoga, Rabu (04/12/2019).

Lebih lanjut ia mengatakan, pabrik yang berada di tengah kawasan pemukiman warga tersebut bergerak pada bidang pakaian jadi. Tentunya dari pihak perusahaan ada semacam kerja sama agar masyarakat setempat dapat terangkat perekonomian dan kesejahteraannya.

Berita Lainnya  Wacana Pemindahan Ibukota RI ke Kalimantan Belum Berdampak Pada Peningkatan Minat Transmigran Gunungkidul

Tak hanya di perusahaan tersebut, di perusahaan lainnya, PT Komitrando, juga nantinya akan membuka lowongan pekerjaan hingga ribuan. Saat ini dari perusahaan -erusahaan juga sedang melakukan penambahan gedung operasional. Kemudian iklim investasi di Gunungkidul yang semakin banyak. Tentunya hal ini berdampak pada ketersediaan lapangan pekerjaan yang dibuka. Diprediksi ada ribuan lapangan pekerjaan yang nantinya akan tumbuh bermunculan di Bumi Handayani.

Belum lagi perusahaan-peruahaan besar yang ada dan saat ini belum operasional, seperti misalnya Woonell Midas parbik sarung tangan di Desa Candirejo, Kecamatan Semin. Tidak menutup kemungkinan nantinya akan menambah pekerja dalam memproduksi produk mereka.

“Dari pabrik sarung tangan itu sebenarnya kemarin buka lowongan sekitar 400 karyawan. sudah terpenuhi kuotanya dari Semin, Ngawen dan pelamar dari daerah sekitar. Sekarang mereka sedang training di Boyolali,” tambahnya Yoga Utomo didampingi mantan Kasi Pendayagunaan Tenaga Kerja, Aris Suyanto yang baru saja pensiun.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenagakerjaan dan Transmigrasi, Purnama Jaya beberapa waktu lalu mengatakan jika sebagai bentuk kesiapan menyambut lapangan pekerjaan yang bermunculan baik lokal maupun luar daerah dari dinas berusaha mengoptimalkan fungsi balai latihan kerja (BLK) maupun lembaga lainnya. Diharapkan seiring meningkatnya kualitas dan kemampuan masyarakat juga sebagai salah satu penunjang terpikatnya perusahaan masuk.ke gunumgkidul.

Berita Lainnya  Sadar Resiko Pekerjaan, Ribuan Nelayan Gunungkidul Sudah Miliki Asuransi

Belum lagi mengenai UMK Gunungkidul yang masih rendah, juga diharapkan mampu memikat perushaaan masuk. Nantinya kesejahteraan masyarakat akan meningkat dan berimbas pada kemajuan daerah.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler