fbpx
Connect with us

Sosial

Jelang Bulan Puasa, Harga Kebutuhan Pokok Cenderung Stabil

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Satu bulan menjelang bulan puasa harga kebutuhan pokok masyarakat terpantau stabil. Dinas Perdagangan Gunungkidul memastikan stok kebutuhan pokok aman untuk mencukupi kebutuhn masyarakat selama bulan puasa mendatang.

Kasi Distribusi, Bidang Perdagangan, Dinas Perdagangan Gunungkidul, Retno Utami, menyampaikan jika dari pantauan yang dilakukan satu bulan menjelang puasa harga kebutuhan pokok di pasaran cenderung stabil. Bahkan, beberapa komoditas yang biasanya mengalami kenaikan harga saat ini justru harganya menurun. Ia mencontohkan seperti cabai merah keriting yang tadinya Rp. 20 ribu per kilogramnya saat ini menjadi Rp.18 ribu. Cabai rawit mulanya Rp. 55 ribu kini turun menjadi Rp. 50 ribu per kilogramnya.

“Bawang merah juga turun dari Rp. 30 ribu menjadi Rp. 26 ribu per kilogramnya. Kalau untuk stok cukup, terkait harga cenderung stabil bahkan beberapa turun,” ucap Kasi Distribusi, Bidang Perdagangan, Dinas Perdagangan Gunungkidul, Retno Utami, Kamis (02/03/2022).

Berita Lainnya  Putra Gunungkidul Sabet 4 Gelar Juara Dalam Kontes Robotic di Kanada

Selain itu, kebutuhan pokok lainnya seperti beras, minyak goreng, gula, daging sapi, daging ayam, hingga telur dilaporkan cukup stabil harganya di pasaran. Sedangkan bawang putih dilaporkan saat ini harganya Rp. 30 ribu per kilogramnya.

Guna menjelang bulan puasa yang mana harga kebutuhan pokok sering naik pihaknya akan mengantisipasi hal tersebut dengan mengadakan operasi pasar. Diakuinya jika saat bulan puasa permintaan akan barang cenderung mengalami kenaikan sehingga harga komoditas akan ikut naik.

“Komoditas yang dijual seperti beras, minyak goreng, gula pasir, dan tepung terigu. Kami bekerjasama dengan Bulog dalam operasi pasar sehingga komoditas yang dijual cukup lengkap,” ujarnya.

Sementara itu, Perwakilan Kepala Gudang Bulog Logandeng, Norma, menyebut jika untuk memastikan stok beras bagi masyarakat aman pihaknya juga akan menyerap beras dari petani Gunungkidul yang saat ini bertepatan dengan masa panen. Ia memastikan persediaan beras di gudang cukup memenuhi kebutuhan hingga hari raya Idul Fitri mendatang.

Berita Lainnya  Sempat Naik Tinggi, Harga Daging Ayam Kini Sudah Berangsur Normal

“Stok yang kami punya cukup untuk sekitar tiga bulan kedepan,” pungkasnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler