fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Jumat Mulai Dibagikan, Ini Jadwal dan Lokasi Pendistribusian Bantuan Sosial Tunai di Gunungkidul

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Pemerintah bersama dengan PT Pos Indonesia akan mulai menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial. Penyaluran bantuan sendiri dilaksanakan secara bertahap mulai Jumat (15/01/2021) sampai dengan tanggal 19 Januari 2021 mendatang.

Pada Rabu (13/01/2021) kemarin, Pemkab Gunungkidul bersama dengan PT Pos Indonesia dan sejumlah instansi lainnya melakukan rapat untuk membahas serta mematangkan teknis dalam penyaluran BST. Disepakati, protokol kesehatan yang diterapkan harus diperketat mulai dari cuci tangan, penggunaan masker, dan jaga jarak.

“Teknisnya Lurah dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) akan melakukan pendampingan dan melakukan fasilitasi,” kata Kepala Bidang Kesejahteraan Sosial, Dinas Sosial Gunungkidul, Hadi Hendro Prayogi.

Kemudian untuk lansia jompo, sakit dan terlantar, bantuan yang diberikan nantinya akan diantar oleh petugas PT Pos. Jika di lingkungan masyarakat penerima bantuan terdapat pasien covid-19, bantuan akan diambil oleh perangkat desa setempat dengan ketentuan yang berlaku.

“Jadwal pengambilan juga sudah disusun. Masing-masing kecamatan ada yang 2 hari bahkan sampai 5 hari penyalurannya. Untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan, kita bagi per sesi dengan masing-masing sesi sekitar 130 orang saja,” tambah dia.

“Sesi pertama jam 08.00-10.00 dan 10.00-12.00 kemudian sesi dua jam 13.00-14.00, 14.00-16.00, dan 16.00-18.00 WIB. Di undangan yang disebar ke masyarakat sudah ada jadwalnya,”imbuh dia.

Di Kapanewon Wonosari, penyaluran bantuan akan dilakukan selama 2 hari. Yaitu Kalurahan Kepek akan menyelenggarakan pembagian pada tanggal 16 Januari di Balai Kalurahan Kepek. Tanggal 17 di Balai Kalurahan Duwet pembagian untuk Kalurahan Duwet, Mulo dan Wunung.

Di Balai Kalurahan Wonosari pembagian untuk Kalurahan Baleharjo, Selang, Wonosari. Sedangkan Kalurahan Siraman, Wareng, Karangtengah, Piyaman, Pulutan dan Gari berada di kalurahan masing-masing pada tanggal 17 Januari.

Kapanewon Nglipar pembagian terbagi pada 2 titik yaitu Kalurahan Kedungpoh dengan pembagian di Balai Kalurahan pada tanggal 15 Januari. Sedangkan di Kantor Pos juga menyeleggarakan pembagian tanggal 15 Januari 2021 untuk Pengkol; tanggal 16 Januari untuk Kalurahan Natah dan Nglipar; tanggal 18 Januari 2021 untuk kalurahan Pilangrejo dan Katongan, selanjutnya tanggal 19 Januari untuk Kalurahan Kedungkeris.

Di Gedangsari penyaluran akan diselenggarakan di Kantor Kecamatan mulai tanggal 15 Januari 2021 untuk Kalurahan Serut, disusul tanggal 16 Januari untuk Kalurahan Sampang dan Watugajah. Tanggal 17 Januari giliran Tegalrejo; tanggal 18 Januari untuk Hargomulyo dan Mertelu dan terakhir tanggal 19 Januari untuk warga masyarakat Kalurahan Ngalang.

Di Kapanewon Ngawen akan dilakukan pembagian di Kantor Pos tanggal 15 Januari untuk Kalurahan Beji dan Jurangjero, tanggal 16 Januari untuk Watusigar dan Tancep, Sambirejo mendapatkan giliran pada tanggal 18 Januari, dan Kalurahan Kampung pada tanggal 19 Januari.

Kapanewon Semin akan melakukan pembagian di dua tempat yaitu di Kantor Pos setempat pada tanggal 15 Januari untuk Kalurahan Kalitekuk dan Sumberejo. Kalurahan Bendung dan Pundungsari pada tanggal 16 Januari. Kemudian tempat kedua yaitu di Balai Kalurahan Candirejo meliputi wilayah Candirejo untuk tanggal 16 Januari, Semin pada tanggal 17 Januari, Bulurejo dan Karangsari pada tanggal 18 Januari, Kemejing dan Rejosari pada tanggal 19 Januari.

Selanjutnya Kapanewon Playen akan dibagi 2 titik penyaluran yaitu di Balai Kalurahan Bandung untuk tanggal 15 Januari meliputi Banyusoca, Dengok, dan Ngleri. Tanggal 16 Januari meliputi Bleberan dan Getas. Pada tanggal 17 Januari untuk Kalurahan Gading, Playen, dan Plembutan. Pada tanggal 18 Januari dijadwalkan untuk Kalurahan Banaran, Ngawu, Ngunut dan terkahir pada tanggal 19 Januari untuk warga Kalurahan Bandung. Sedangkan kalurahan Logandeng akan melakukan penyaluran di tanggal 19 Januari di kantor Kalurahan setempat.

Pembagian bantuan di Kapanewon Patuk semua terpusat di Kantor Pos. Tanggal 15 Januari untuk Kalurahan Putat dan Salam; tanggal 16 Januari untuk Kalurahan Bunder, Semoyo, dan Terbah. Tanggal 17 Januari untuk Nglanggeran, Nglegi, dan Ngoro-oro. Kemudian tanggal 18 Januari untuk Kalurahan Beji, Patuk, dan Pengkok.

Pembagian terpusat di Kantor Pos juga dilakukan di Kapanewon Paliyan. Pada tanggal 15 Januari untuk Kalurahan Grogol dan Karangduwet; Kalurahan Mulusan dan Sodo pada tanggal 16 Januari. Sementara berturut-turut Kalurahan Giring dan Pampang pada tanggal 17 Januari dan Kalurahan Karangasem pada tanggal 18 Januari.

“Tidak menutup kemungkinan di masing-masing Kapanewon akan melakukan koordinasi dengan PT Pos untuk penambahan hari pembagian,” jelas Hendro.

Dilanjutkannya, untuk Kapanewon Saptosari terpusat di Kantor Kapanewon Saptosari di mana dibagi pada tanggal 15 Januari untuk Kalurahan Kepek, Jetis, dan Monggol. Tanggal 16 untuk warga Kalurahan Kanigoro dan Planjan. Pada tanggal 18 Januari untuk Kalurahan Ngloro dan Krambilsawit.
Pembagian BST di Kapanewon Panggang juga dilaksanakan terpusat di Kantor Kapanewon. Pada tanggal 15 Januari untuk Kalurahan Girimulyo dan Giriwungu; tanggal 16 Januari untuk Kalurahan Girikarto dan Girisuko, sementara tanggal 17 Januari untuk Giriharjo dan Girisekar.

Untuk di Kapanewon Purwosari, pembagian dilaksanakan di kantor kapanewon setempat. Jadwalnya, pada tanggal 15 Januari untuk Kalurahan Giriasih, Giripurwo, dan Giricahyo. Disusul pada tanggal 16 Januari untuk Girijati dan Giritirto.

Sementara Kapanewon Tepus pembagian akan terpusat di Kantor Pos yaitu tanggal 15 Januari untuk Kalurahan Giripanggung; tanggal 16 Januari untuk Kalurahan Purwodadi dan Sumberwungu, kemudian tanggal 17 Januari untuk Kalurahan Sidoharjo, dan terakhir tanggal 18 Januari di Kapanewon Tepus.

Kapanewon Tanjungsari terpusat di Kantor Kapanewon setempat. Tanggal 15 Januari untuk Kalurahan Banjarejo dan Ngestirejo; tanggal 16 Januari untuk Kalurahan Hargosari dan Kemiri; sementara tanggal 18 Januari untuk Kalurahan Kemadang.

Untuk pembagian di Kapanewon Rongkop dilakukan di Kantor Pos. Kalurahan Bohol, Botodayakan dan Karangwuni dijadwalkan pada tanggal 15 Januari; kemudian untuk kalurahan Petir dan Pringombo dilaksanakan pada tanggal 16 Januari. Sementara untuk Kalurahan Melikan, Pucanganom, dan Semugih dibagikan pada tanggal 18 Januari.

Pembagian di Kapanewon Girisubo di Kantor Kapanewon secara keseluruhan, dengan jadwal pembagiannya pada tanggal 15 untuk Kalurahan Jerukwudel, Nglindur, dan Semugih; tanggal 16 Januari untuk Kalurahan Pucung dan Songbanyu, dan tanggal 18 Januari untuk Kalurahan Balong, Jepitu, dan Karangawen.

Untuk Kapanewon Semanu, pembagian dilaksanakan di Kantor Pos dan tidak menutup kemungkinan ada yang disalurkan di Balai Kalurahan mengingat jumlah penduduk di kapanewon ini sangatlah banyak. Untuk sementara jadwal di Kantor Pos, tanggal 15 Januari untuk Kalurahan Candirejo; pada tanggal 16 dan 17 Januari untuk Kalurahan Semanu. Kalurahan Ngeposari dijadwalkan pada tanggal 18 Januari, kemudian Kalurahan Dadapayu pada tanggal 19 Januari dan Pacarejo pada tanggal 17 serta 18 Januari. Untuk Pacarejo ini tidak menutup kemungkinan pembagian dilaksanakan di Balai Kalurahan mengingat banyaknya warga penerima bantuan.

Kapanewon Karangmojo terbagi dua diantaranya Kantor Pos untuk Ngawis dan Wiladeg tanggal 15 Januari, Jatiayu tanggal 16 Januari, Bedungan dan Gedangrejo tanggal 17 Januari dan Karangmojo pada tanggal 18 Januari. Sedangkan tempat kedua di Balai Kalurahan Bejiharjo untuk Kalurahan Bejiharjo pada tanggal 18 Januari sementara untuk Kalurahan Kelor dan Ngipak dibagikan tanggal 19 Januari.

Kapanewon Ponjong terbagi dua tempat juga. Tempat pertama di Kantor Pos di mana untuk tanggal 15 Januari dibagikan di Kalurahan Bedoyo dan Ponjong; tanggal 16 Januari untuk warga Kalurahan Karangasem dan Sawahan; tanggal 17 Januari untuk Kalurahan Genjahan dan Umbulrejo, tanggal 18 Januari kalurahan Gombang, Kenteng dan Tambakromo. Sedangkan untuk tempat kedua di Balai Kalurahan Sidorejo yang akan dibagikan pada tanggal 19 Januari untuk warga Kalurahan Sidorejo dan Sumbergiri.

Sebagai informasi, sesuai dengan data yang ada, jumlah penerima bantuan di Gunungkidul adalah sebanyak 35.402 rumah tangga dan tambahan 5.316 rumah tangga. Skema penyalurannya secara keseluruhan melalui PT Pos. Agak berubah dari tahun 2020 lalu di mana ada 5 ribu penerima bantuan yang mendapatkan distribusi bantuan melalui sejumlah Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Adapun besaran bantuan yang diterima adalah Rp 300.000 per bulan. Para KPM ini akan mendapatkan bantuan selama 4 bulan ke depan.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler