fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Jumlah Kasus Terus Menurun, Ruang Perawatan Rumah Sakit Mulai Lengang

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)–Kasus penularan yang terus berangsur menurun berdampak pada mulai lengangnya ruang-ruang perawatan pasien covid19 di Gunungkidul. Pada Juni hingga Juli 2021, memang hampir seluruh rumah sakit rujukan covid penuh oleh pasien. Bahkan, sejumlah orang harus mengantri di bangsal IGD lantaran tidak tersedianya kamar perawatan.

Terus meningkatnya ketersediaan tempat tidur pasien isolasi di Rumah Sakit di Gunungkidul diklaim merupakan hasil dari kedisiplinan masyarakat saat penerapan PPKM. Kendati begitu, Pemkab Gunungkidul terus mengupayakan penambahan kapasitas tempat tidur rumah sakit sebagai langkah antisipasi. Saat ini, jumlah kasus aktif di Gunungkidul sendiri telah berada di bawah 1000 orang.

Wakil Bupati Gunungkidul, Heri Susanto mengatakan, penambahan bed bagi pasiem konfirmasi positif merupakan sebuah langkah antisipasi. Sebab ia memandang, para pasien covid19 ini perlu mendapatkan prioritas penanganan.

Berita Lainnya  Sempat Bikin Heboh, Balon Udara Jatuh di Saptosari dan Girisibo

“Memang kasus di Gunungkidul terbilang fluktuatif dan belum 100% bisa dikendalikan, jadi perlu antisipasi penambahan bed rumah sakit,” ujar dia, Senin (23/08/2021).

Heri menambahkan, rencananya RSUD Spatosari akan ditambah kapasitas tempat tidur perawatan. Di samping itu, ia memastikan shelter di tiap kapanewon serta tempat isolasi terpusat seperti Petir dan Wanagama dapat bekerja sebagaimana fungsinya.

“Pemanfaatannya saat ini kami nilai belum berjalan sesuai harapan, kami masih mengupayakan agar warga yang terpapar bersedia dibawa ke shelter,” jelasnya.

Sementara itu, keberadaan tenaga kesehatan sendiri menurut Heri sudah lebih baik. Terlebih, adanya dukungan relawan serta para nakes yang sebelumnya sembuh juga dirasa mampu menangani pasien covid19.

Berita Lainnya  Gunungkidul Mulai Diselimuti Mendung, Petani Dihimbau Tak Buru-buru Bercocok Tanam

“Harapan kami, warga yang saat ini terpapar mau dibawa ke shelter, kebutuhan mulai medis dan logistik sudah siap dan bisa terus dipantau,” papar Heri.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, pada Senin ini, jumlah penambahan kasus positif berjumlah 61 kasus. Sementara kasus sembuh berjumlah 89 orang.

Adapun jumlah kasus aktif di Gunungkidul yang masih dalam perawatan berjumlah 955 pasien, sementara untuk kasus meninggal dunia hari ini berjumlah 4 orang.

“Memang sudah cenderung menurun, ketersediaan bed di rumah sakit Gunungkidul saat ini 58,7%,” jelas Dewi.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler