fbpx
Connect with us

Peristiwa

Kebakaran Hebat di Girisekar, Rumah Limasan Beserta Isinya Ludes Terbakar

Diterbitkan

pada

BDG

Panggang,(pidjar.com)– Sebuah bangunan rumah limasan milik Suwinarno (45) warga Padukuhan Blimbing, Kalurahan Girisekar, Kapanewon Panggang habis dilalap si jago merah, Selasa (23/05/2023). Warga sempat dibuat panik dan heboh atas kejadian ini, sebab api dengan cepat membesar dan menjalar ke tiap bagian rumah tersebut. Kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Informasi yang berhasil dihimpun, peristiwa ini terjadi sekirar pukul 19.00 WIB. Saat itu, hanya ada Ronald anak Suwinarno yang berada di rumah sendirian, tiba-tiba api sudah melalap bagian rumahnya. Melihat kondisi tersebut, remaja yang masih duduk di bangku SMP tersebut kemudian keluar rumah untuk mencari bala bantuan.

Ronald kemudian berteriak meminta pertolongan warga sekitar. Saat itu api sudah dalam kondisi besar dan melalap di rumah utama. Warga yang melihat kondisi ini kemudian berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Beberapa saat berjibaku dengan api, namun tidak kunjung. Warga kemudian meminta bantuan pemadam kebakaran.

Berita Lainnya  Mabuk Ciu di Tepi Pantai, Sekelompok Wisatawan Diperiksa Polisi

Beberapa saat kemudian, pemadam kebakaran tiba di lokasi dan melakukan penanganan. Armada yang datang kemudian dikerahkan, dengan cekatan para petugas berpencar untuk memedamkan api. Butuh waktu yang lumayan lama untuk proses pemadaman insiden ini, sebab api terus membesar dan mejalar ke bangunan ruangan di rumah tersebut.

“Untuk penanganan butuh waktu sekitar satu setengah jam sampai api benar-benar padam,” ucap Dhani, anggota Unit Pemadam Kebakaran Gunungkidul saat dikonfirmasi.

Bangunan rumah berupa kayu mudah terbakar, belum lagi sejumlah perabotan yang ada. Bahkan 1 unit sepeda motor yang berada di rumah tersebut juga terbakar. Adapun 90 persen bangunan rumah ludes dilalap api. Dimana kerugian ditafsirkan mencapai Rp. 175 juta.

Berita Lainnya  Jelang Musim Kemarau, PDAM Tirta Handayani Upgrade Tiga Titik Pompa

“Sekitsr 90 persen bangunan terbakar. Kesulitan hanya diakses karena banyak warga yang berkumpul, jadi jalan dipenuhi dengan sepeda motor yang diparkir oleh warga,” jelasnya.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Kalurahan Girisekar, Bripka Yayan Eko mengatakan penanganan telah dilakukan oleh tim pemadam kebakaran dan warga sekitar. Adapun saat ini policeline telah dipasang oleh pihak kepolisian.

Rencananya usai dilakukan penanganan, warga setrmpat berserta relawan dan pemerintah kalurahan esok hari akan melakukan kerja bakti untuk pembersihan puing-puing kebakaran dan mengumpulkan barang yang sekiranya masih bisa diselamatkan. Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran ini terjadi.

Nantinya kepolisian akan melakukan penyelidikan penyebab kebakaran hebat tersebut bisa terjadi. Tentunya dengan olah TKP dan menggali informasi dari saksi-saksi.

Berita Lainnya  Hujan Disertai Angin Sebabkan Pohon Kelapa Tumbang Timpa Rumah di Playen

“Policeline sudah dipasang. Untuk korban sementara diungsikan dulu karena kondisi rumah yang terbakar,” ujar Bripka Yayan.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler