fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Kinerja Triwulan Pertama 2019, Pemkab Gunungkidul Jadi Yang Terbaik di Seluruh DIY

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Kabupaten Gunungkidul mendapatkan prestasi yang sangat membanggakan di awal 2019 ini. Kabupaten yang berada di ujung timur DIY ini menyandang predikat terbaik atas capaian kinerja pada triwulan pertama tahun. Pemkab Gunungkidul mengungguli 3 kabupaten serta 1 kota lainnya yang ada di Gunungkidul. Penghargaan ini sendiri merupakan apresiasi atas segala upaya yang dilakukan oleh pemerintah Gunungkidul dalam memberikan pelayanan dan penyaluran sejumlah program pemerintah.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunungkidul, Sri Suhartanta mengatakan, penilaian capaian kinerja pemerintah kabupaten ini mengacu pada sejumlah indikator yang ada. Mulai target pembangunan fisik sampai dengan realisasi dan deviasi yang ada. Kemudian, penilaian juga berkaitan dengan target keuangan dengan realisasi yang telah dilakukan. Sejauh ini, berdasarkan kacamata dari Pemda DIY, Kabupaten Gunungkidul memiliki capaian kinerja yang baik dibandingkan dengan daerah lainnya.

“Capaian fisik sendiri sampai akhir Maret 2019 lalu telah 11,22 persen dari program kerja yang digagas. Kemudian untuk realisasi keuangan sebesar Rp 79.434.214.819 atau sekitar 7,57 persen,” kata Sri Suhartanta, Jumat (26/04/2019).

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk pembangunan fisik, masih ada deviasi sebesar 5,11% yaitu selisih antara target sebesar 16,33% sementara realisasinya sebesar 11,22%. Selanjutnya target keuangan sebesar 12% atau sama dengan Rp.126.002.020.680 sementara realisasinya baru 7,57 persen atau Rp.79.434.214.819 terjadi deviasi 4,43 persen. Dengan hasil ini menurut Sri, meski berkinerja terbaik, pihak pemkab Gunungkidul masih harus terus menggenjot kinerjanya.

Berita Lainnya  Peringatan Hari Guru Gunungkidul, Wakil Bupati: Jadi Guru Itu Berat

Sejumlah masukan pun tentunya menjadi bahan evaluasi untuk melakukan kinerja yang lebih baik kembali. Tentunya, dengan predikat yang ada saat ini juga menjadi sebuah cambuk agar pelaksanaan pelayanan dan pembangunan lebih optimal dan maksimal.

“Belum sesuai dengan target awal memang, tetapi secara umum dengan kategori terbaik saya pribadi sangat bersyukur. Ke depannya mudah-mudahan jauh lebih baik,” tambah dia.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul, Badingah, menambahkan, dengan capaian kategori terbaik ini, membuatnya sangat bersyukur. Dengan demikian kerja keras jajarannya mendapatkan apresiasi dari Pemda DIY. Senada dengan Kepala Bappeda, hal ini disebut Badingah harus menjadi pendorong bagi seluruh jajaran untuk terus meningkatkan kinerja. Mengingat pelaksanaan anggaran 2019 masih sangat panjang sehingga nantinya seluruh program baik pembangunan maupun pemberdayaan dapat dimanfaatkan secara maksimal agar penyerapan anggaran dan realisasi secara fisik dapat berjalan dengan baik.

Berita Lainnya  Empat Kapanewon Masih Berstatus Zona Risiko Tinggi Covid-19

Ia juga menggaris bawahi, jangan sampai program yang telah digagas tidaklah optimal atau justru di tengah-tengah dalam pelaksanaanya ada permasalahan. Segala antisipasi perlu dilakukan, terlebih persiapan yang matang agar hasilnya lebih baik.

“Saya berharap ke depan lebih baik, dukungan dan pengawasan dari masyarakat juga sangatlah dibutuhkan,” tutupnya.

Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler