fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Kota Wonosari Semakin Berkembang, Pemkab Wacanakan Mega Proyek Pembangunan Outer Ring Road

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Pemerintah Kabupaten Gunungkidul berencana membangun jalan lingkar luar (Outer Ring Road) di wilayah Gunungkidul. Rencana tersebut digulirkan untuk membuat sistem jaringan jalan yang dimaksudkan mengarahkan dan mencegah pergerakan regional/nasional yang bersifat lintasan (traffic trought) agar pergerakannya tidak membebani ruas-ruas jalan di kawasan perkotaan Wonosari. Sehingga harapannya, arus lalu lintas nantinya jika semakin padat akibat perkembangan pariwisata dapat terurai dengan mudah.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, Bappeda Gunungkidul, Bambang Riyanto menjelaskan, kajian studi alternatif pembangunan outer ringroad Wonosari perlu dilakukan sebagai alternatif pemecahan masalah kepadatan arus lalu lintas. Potensi permasalahan lalu lintas sendiri memang cukup besar seiring dengan pesatnya perkembangan aglomerasi perkotaan Wonosari. Menjamurnya pusat-pusat bisnis, pendidikan, pertokoan, perkantoran, perumahan dan permukiman yang terus tumbuh pasti akan berdampak pada arus lalu lintas yang semakin padat.

Berita Lainnya  Kesadaran Wajib Pajak Masih Rendah, Terlambat Lapor SPT Kena Denda Rp 100 Ribu

“Ini baru wacana, rencana jangka panjang pembangunan di Kabupaten Gunungkidul,” terang Bambang, Selasa (10/03/2020).

Hal tersebut juga diimbangkan dengan rencana besar Pemerintah Kabupaten Gunungkidul untuk membangun Pusat Perkantoran Pemerintah Kabupaten di Desa Siraman, pembangunan sport Center di Wonosari dan berdirinya pusat pendidikan tinggi Universitas Negeri Yogyakarta di Semanu.

“Ada juga rencana pengembangan kampus Universitas Gunungkidul di Selang. Maka perlu dipersiapkan kajian alternatif perencanaan jalan yang mampu mengakomodir kemungkinan lonjakan arus lalu lintas di dalam kawasan aglomerasi perkotaan Wonosari,” ucap dia.

Ia menambahkan, beberapa waktu lalu Bidang Lingkungan Hidup dan Pekerjaan Umum Bidang Fisik dan Prasarana Bappeda Gunungkidul melaksanakan penjaringan saran dan gagasan berkaitan dengan Term of Reference rencana pelaksanaan kajian Wonosari Outer Ringroad. Dalam kesempatan itu, turut dihadiri stakeholders meliputi Kecamatan Wonosari, DPUPRKP, DPTR, DLH, Setda, dan Dishub.

Berita Lainnya  Tahun Depan, Pemerintah Bebaskan Lahan Seluas 25 Hektar dari Ngalang Tembus Ngoro-oro

“Kajian ini bersifat alternatif perencanaan outer ringroad yang memuat rencana jalur jalan beserta analisis sosial, ekonomi, budaya, tata ruang, lahan dan agraria, dan pembiayaan,” terang Bambang.

Disinggung mengenai anggaran untuk proyek prestisius itu, dirinya belum bisa memastikannya. Pun demikian ketika diminta untuk menjelaskan titik mana yang akan dibangun. Sebab saat ini, rencana ini baru sebatas wacana dan perlu kajian.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Anang Trinuvyanto memaparkan, saat ini kepadatan arus lalu lintas sejauh pantauannya hanya terjadi di jalur wisata. Itu pun, kepadatan hanya terjadi pada hari libur saja.

“Untuk sementara arus lancar untuk hari biasa. Pada hari libur sedikit mengalami peningkatan, namun arus tetap lancar. Untuk kepadatan ada di titik Jalan Wonosari, Jalan Baron dan jalan di jalur wisata pantai,” jelas Anang.

Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler