fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Pembangunan Jalan Baru Siraman-Jalur Cinta, Pemkab Segera Mulai Proses Pembebasan Lahan

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)–Pemindahan kantor pemerintahan di satu kawasan terpadu yakni di lingkup Desa Siraman, Kecamatan Wonosari terus dikebut oleh Pemkab Gunungkidul. Selain melakukan pembangunan gedung, pemerintah juga akan membangun sebuah akses jalan untuk penunjang mobilitas baik masyarakat maupun ASN. Rencananya jalan ini juga akan menjadi icon wajah kota Wonosari yang baru.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Bappeda Gunungkidul, Bambang Riyanto menjelaskan, pihaknya telah melakukan penyusunan perencanaan pembangunan jalan baru di kawasan Siraman itu. Desain mengenai jalan yang direncanakan akan menjadi wajah Kota Wonosari yang baru ini telah ada. Dimungkinkan jalur tersebut akan dibuat layaknya pusat kota besar.

Tak hanya itu, jalur itu nantinya akan ditanami pohon perindang. Untuk luasan jalan nantinya akan dibuat dengan lebar 25 meter, sehingga aksesnya cukup luas. Sejumlah sarana lain juga akan menjadi pelengkap di jalur baru ini. Di mana nantinya jalur itu akan dibangun dari samping Balai Latihan Kerja (BLK) Siraman atau tepatnya di depan kawasan perkantoran terpadu menuju ke arah utara, kemudian tembus di Jalur Cinta.

Berita Lainnya  Pelaku Pembunuhan Perempuan Hamil di Pantai Ngrawe Dituntut Hukuman Mati

“Desainnya sudah ada, kalau gambaran dan rencana kami dibuat sebagus mungkin. Karena jalur itu nantinya menjadi icon atau wajah kota Wonosari yang baru,” ucap Bambang Riyanto, Senin (09/03/2020).

Kurang lebih, tanah seluas 5 hektare akan dimanfaatkan dalam pembangunan ini. Pada tahun 2020 ini, Pemkab Gunungkidul baru akan melakukan pembebasan lahan. Sementara untuk pembangunan fisik, akan disesuaikan dengan kemampuan anggaran.

“Fisiknya belum. Tapi untuk pembebasan lahan tentu secepatnya, kita selesaikan untuk bangun gedung di 2020/2021 dulu, jalannya menyesuaikan,” tambah dia.

Sementara untuk pembangunan kawasan pemerintahan secara menyentral di Desa Siraman sendiri ditargetkan rampung pada tahun 2024 mendatang. Pembangunan sendiri mulai dari beberapa gedung perkantoran, fasilitas lain, dan jalan aksesnya. Selama 5 tahun ini, pemerintah terus maksimal dalam melakukan pembangunan.

Berita Lainnya  Viral, Video Hajatan Anggota Sat Pol PP Nanggap Dhimas Tedjo

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Gunungkidul, Winaryo.memaparkan pembebasan lahan untuk jalan baru menuju pusat kota anyar di Siraman ini memang akan dilakukan tahun 2020 ini. Luasan sendiri masih menjadi bahan pembicaraan pemerintah kabupaten Gunungkidul.

“Minggu lalu sudah pemasangan patok. Untuk pengukuran masih diagendakan berkaitan dengan pembebasan lahan yang akan dilaksanakan 2020 ini,” ujarnya.

Disinggung mengenai penganggaran untuk pembebasan lahan, ia masih belum bisa berkomentar banyak. Pasalnya anggaran yang disiapkan juga mengacu pada hasil penilaian terhadap nilai jual tanah tersebut.

Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler