fbpx
Connect with us

Politik

Lestarikan Ekosistem, Benyamin Kampanye Sembari Tebar Ikan di Sungai

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari, (pidjar.com)-Sejak pagi hari, ratusan mancing mania nampak berjejer di sepanjang bantaran Kali Tuk Kajar di Padukuhan Kajar I, Desa Karangtengah, Kecamatan Wonosari pada Minggu (07/04/2019) kemarin. Berbekal joran dan umpan mereka menunggu kedatangan Benyamin Sudarmadi, Caleg DPR RI asal Partai Nasdem yang hendak menebar ikan berbagai jenis di sungai tersebut.

Dan benar saja, begitu ikan ditebar ke dalam sungai langsung diserbu dengan mata kail berisi umpan untuk menarik ikan kembali ke darat. Namun lantaran ikan-ikan yang ditebar masih adaptasi dengan lingkungan hidup yang baru, maka hanya sedikit ikan yang terpancing. Padahal tak kurang dari sekwintal ikan mulai dari nila, tawes, tombro hingga lele yang dilepaskan ke dalam Kali Tuk Kajar.

Berita Lainnya  Minta NasDem Tak Sodorkan Calon Wakil Bupati, PKB Ancam Keluar Dari Koalisi Pengusung Sunaryanta

“Hanya sedikit ikan yang bisa dipancing. Mungkin belum lapar atau masih menyesuaikan diri dengan lingkungan sungai yang baru,” ucap Ngadiyo, salah seorang pemancing warga Kedung, Desa Karangtengah.

Meski nasibnya belum mujur, Ngadiyo mengaku senang dengan dilepasnya ikan ke tengah Kali Tuk Kajar. Dia berharap ikan-ikan yang dilepas itu bisa berkembang biak dengan baik sehingga kelak bisa menjadi sumber gizi bagi warga sekitar Kali Tuk Kajar.

“Asal tidak ada tangan usil yang mencari ikan dengan cara nyetrum atau racun, maka ikan di Kali Tuk Kajar ini bisa lestari,” celetuk Bambang, warga Karangtengah lainnya.

Sementara itu diungkapkan Benyamin Sudarmadi, menabur ikan ke sungai menjadi salah satu upayanya melestarikan ekosistem di perairan darat. Benyamin berharap agar nantinya dengan ekosistem yang terjaga, maka aliran sungai akan menjadi berkah bagi warga sekitar.

Berita Lainnya  Nilai Merah Untuk Tim Khusus Bupati, Belum Ada Hasil Kinerja Sejak Dibentuk

“Ikan yang saya lepaskan ini boleh saja dipancing. Namun harapan saya jangan sekali-kali diracun, sebab selain membunuh juga akan merusak sungai, ” kata Benyamin.

Sebagai caleg putra daerah, Benyamin mengaku memiliki kepedulian lebih untuk memperjuangkan aspirasi warga Gunungkidul. Melalui tebar ikan ke sungai, caleg DPR RI asal Partai Nasdem ini selain menuruti hobinya, juga berharap bisa menjaring aspirasi dari konstituen. Tak segan segan dia menanyakan harapan dari warga yang sedang memancing di Kali Tuk Kajar.

“Banyak sekali sumbang saran, masukan dan harapan dari mereka. Kelak jika terpilih, aspirasi itu layak diperjuangkan, ” lanjutnya.

Menurut boss Bakmi Jawa ini, kampanye dialogis disertai aksi aksi bakti sosial bisa lebih mendekatkan dirinya dengan konstituen. Sebab dia secara langsung bisa mendengar dan berempati dengan rakyat kecil yang dikunjunginya.

Berita Lainnya  Polemik Tugu Tobong dan Serapan Rendah, Timses Khawatir Bupati "Dijebak" Kepala Dinas Sendiri

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler