fbpx
Connect with us

Pariwisata

Libur Lebaran, 176.631 Wisatawan Kunjungi Gunungkidul

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Ratusan ribu wisatawan berkunjung ke obyek wisata di Gunungkidul pada saat libur lebaran 2024 ini. Hanya dalam waktu 5 hari saja, jumlah pengunjung yang masuk ke obyek wisata mencapai ratusan ribu orang. Dinas Pariwisata Gunungkidul mencatat ada 176.631 wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Oneng Windu Wardana mengatakan, terhitung dari tanggal 10 April sampai 15 April 2024 tercatat ada 176.631 wisatawan berkunjung ke Gunungkidul. Dari jumlah tersebut, pemerintah meraup pendapatan daerah sebesar Rp 2 miliar. Adapun berdasarkan data yang ada, puncak kunjungan wisatawan adalah di hari Sabtu yaitu tembus diangka 53.000 orang berwisata di Bumi Handayani.

Kemudian di hari Minggu kunjungan mencapai 38.000 wisatawan, dan di hari Senin sebanyak 30.000 pengunjung. Pada Selasa ini, diprediksi kunungan wisatawan masih ada namun tidak seramai pada pekan lalu. Sebab sudah banyak para pemudik yang pulang ke daerah rantau maupun asal mereka.

Berita Lainnya  Terpidana Mati Kasus Kepemilikan Heroin, Marry Jane Dipindah ke Lapas Perempuan IIB Wonosari

“Untuk hari ini mungkin sudah biasa. Dari jumlah wisatawan yang masuk ini PAD yang didapat sekitar Rp 2,0 miliar yang mana melampaui batas target kami yaitu Rp 1,5 miliar dengan jumlah wisatawan 136.200 orang,” ucap Oneng Windu Wardana.

Menurutnya, kawasan pantai selatan masih menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan. Hal tersebut dibuktikan dengan tingginya kunjungan wisatawan ke pantai selatan. Dari 176 ribu pengunjung itu, lebih dari 90 persen berkunjung ke pesisir untuk menikmati indahnya laut lepas Gunungkidul dengan keunikan masing-masing obyek dan pasir putihnya.

“Iya, pantai masih dominan,” jelas dia.

Lebih lanjut ia mengatakan, dengan adanya wisata buatan di wilayah Purwosari seperti Obelix dan di Girisubo (Jungwok) sangatlah berpengaruh pada tingkat kunjungan wisatawan yang naik signifikan. Tak hanya pada momentum libur lebaran ini saja, di hari-hari biasa magnet wisata buatan begitu kuat.

Berita Lainnya  Unik, Pisang Sunaryo Berbuah di Batang Kering 

“Pengaruhnya wisata buatan khususnya yang privat itu sangat luar biasa terhadap kunjungan wisatawan. Jadi mereka kan selain bisa menikmati wisata buatan dengan konsep yang beragam juga bisa menikmati indahnya pantai di lokasi yang sama,” ungkapnya.

Disinggung mengenai harga tiket masuk yang mengalami kenaikan, menurutnya itu tidak menjadi permasalahan. Para wisatawan masih tetap memilih pantai Gunungkidul sebagai salah satu tujuan wisata mereka. Pada momentum ini, dinas juga melakukan pemantauan terhadap pelayanan pelaku wisata terhadap para pengunjung.

“Kalau untuk keluhan tidak ada atau belum ada, kami ada tim yang terus melakukan pemantauan di media sosial. Untuk harga nuthuk dan lain sebagainya kami  sudah menghimbay kepada pengelola makanan dan jasa untuk pasang harga untuk menjaga keamanan, kenyamanan pelayanan,” ungkap dia.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan, pihaknya terus mendorong agar investasi di Bumi Handayani khususnya di bidang pariwisata terus mengalami peningkatan. Dengan demikian diharapkan semua sektor bisa tumbuh dan perekonomian masyarakat semakin membaik.

Berita Lainnya  Lima Spot Indah Berfoto di Kawasan Gunungkidul 

“Untuk kegiatan investasi terus kami dorong. Perlu disadari bahwa membangun kawasan wisata tentunya butuh waktu dan tidak mudah,” ucap Sunaryanta.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler