fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Masih Proses Seleksi, PKS Telah Prediksi Nama-nama Pemenang Lelang Jabatan Kepala Dinas

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Pemkab Gunungkidul saat ini menggelar tahapan seleksi jabatan tinggi pratama. Ada 5 jabatan eselon 2 yang akan dilelang yaitu Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja. Untuk proses seleksi sendiri saat ini telah masuk dalam tahapan uji kompetensi. Sebanyak 30 peserta menjalani tes pada Senin (22/11/2021) hingga Jumat (26/11/2021) mendatang.

Yang menarik, meski baru dalam tahapan awal proses lelang jabatan, PKS Gunungkidul telah memprediksi sejumlah nama yang diperkirakan akan memenangi proses lelang tersebut. Ada 4 orang nama peserta seleksi yang disebut akan memenangi persaingan dan ditunjuk Bupati untuk menjabat sebagai kepala dinas.

Ketua DPD PKS Gunungkidul, Tri Iwan Isbumaryani mengungkapkan, dari 4 nama yang akan terpilih menjadi kepala dinas sendiri adalah, Hari Sukmono untuk Kepala Dinas Pariwisata; Marwata Hadi untuk Kepala Dinas Perhubungan; Raharjo Yuwono untuk Kepala Dinas Pertanian dan Pangan; serta Agus Mantara untuk Kepala Dinas Kebudayaan. Sementara untuk prediksi pemenang lelang jabatan pada posisi Kasat Pol PP, ia mengaku belum bisa menyebut nama karena belum ada informasi yang ia terima.

Menurut Tri Iwan, adapun prediksi ini menilik dari beberapa faktor. Termasuk diantaranya adalah selentingan-selentingan informasi yang ia dapatkan. Namun ketika disinggung perihal informasi apa, ia enggan menjelaskan lebih jauh.

“Ya prediksi ini kan juga berdasarkan jabatan yang saat ini disandang nama-nama tersebut, kemudian juga ada beberapa isu yang saat ini berkembang. Tidak perlu saya jelaskan lebih lanjut ya,” papar Tri Iwan sembari tersenyum, Selasa (23/11/2021) siang.

Tri Iwan juga enggan menjawab ketika disinggung perihal apakah dengan adanya nama-nama yang diprediksikan ini, kemudian ada indikasi settingan dalam proses lelang jabatan ini. Ia justru lebih menyoroti proses seleksi yang diharapkan nantinya bisa sesuai aturan dan berlangsung secara fair. Dengan adanya proses yang baik, nantinya akan diperoleh pejabat kepala dinas yang kompeten dan membawa kemajuan bagi daerah.

“Biar nanti Bupati yang memilih 3 nama yang lolos dalam berbagai tahapan seleksi. Nama-nama itu kita anggap sebagai prediksi saja,” ucap dia.

Sementara itu, Ketua Fraksi PKS DPRD Gunungkidul, Arif Wibawa menambahkan, pihaknya akan melakukan pengawasan berkaitan dengan proses lelang jabatan yang saat ini berlangsung. Hal ini menjadi sangat diperlukan selain nantinya agar proses lelang bisa membuahkan pejabat terbaik yang terpilih, juga untuk meminimalisir masalah di kemudian hari. Jangan sampai terjadi seperti proses lelang jabatan beberapa tahun lalu di mana ada gugatan dari salah satu peserta yang merasa dirugikan.

“Kita harap semua lancar dan bisa membuahkan pejabat yang terbaik,” lanjutnya.

Arif juga berpesan kepada Bupati untuk memilih berdasarkan obyektifitas dan bukan faktor lainnya, termasuk bisikan-bisikan dari orang-orang dekatnya. Keputusan Bupati ini menjadi penting lantaran tugas-tugas kepala dinas mendatang sendiri sangatlah berat. Mereka harus bisa menyiasati perkembangan kondisi yang terjadi saat ini yang carut marut akibat pandemi. Bagaimana kemudian akselerasi ekonomi bisa terjadi dan masyarakat bisa selekasnya lepas dari keterpurukan menghadapi pandemi yang telah hampir 2 tahun terjadi.

“Yang mendaftar ini kan sudah lolos seleksi administrasi, bisa dibilang mereka memenuhi kualifikasi,” tutup Arif.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler