fbpx
Connect with us

Uncategorized

Masuk Musim Penghujan, Berikut Sejumlah Penyakit yang Patut Diwaspadai

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Dinas Kesehatan Gunungkidul mengingatkan masyarakat agar lebih waspada terhadap potensi penyakit yang muncul ketika musim hujan berlangsung. Sebagaimana diketahui bahwa sekarang wilayah Gunungkidul sudah diguyur hujan sejak beberapa hari terakhir. Selain potensi penularan covid19 di Gunungkidul masih terjadi, penyakit lainnya yang berpotensi muncul saat musim penghujan juga mengintai masyarakat jika tidak memperhatikan pola hidup bersih dan sehat.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty, mengungkapkan dengan sudah masuknya musim penghujan di Gunungkidul sejumlah potensi munculnya penyakit yang dapat mengganggu produksifitas masyarakat mulai muncul. Selain potensi munculnya DBD, penyakit lainnya yang dapat muncul diantaranya Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), Diare, Leptospirosis, dan lainnya.

“Kalau musim hujan ISPA ya seperti batuk, pilek, panas, dan yang harus diwaspadai itu Leptospirosis,” ungkap Dewi Irawaty, Sabtu (06/11/2021).

Terkhusus Leptospirosis, Dewi menyampaikan jika penyakit yang tergolong zoonosis tersebut merupakan salah satu penyakit yang dapat membahayakan masyarakat. Misalkan saja puncak adanya Leptospirosis pada tahun 2017 lalu, dari 54 laporan adanya penyakit Leptospirosis sebanyak 11 orang meninggal akibat penyakit tersebut.

Adapun dalam tiga tahun terakhir munculnya kasus Leptospirosis mengalami penurunan, tahun 2018 tercatat sebanyak 16 kasus, turun pada tahun 2019 menjadi 9 kasus, dan pada tahun 2020 turun kembali menjadi 6 kasus. Meskipun demikian, Dewi tetap mengingatkan masyarakat agar lebih waspada terhadap penyakit yang disebabkan oleh kencing tikus tersebut.

“Itu penyakit yang menular dari kencing tikus, itu biasanya di tempat yang lembab dan basah biasanya di ladang. Misalkan kita kegores dikit saja terus terkena air yang sudah terkontaminasi air kencing tikus, bakteri Leptospirosis bisa masuk lewat luka itu,” sambungnya saat ditemui.

Selain itu, potensi penyakit yang muncul lainnya ialah diare yang juga mengintai masyarakat saat musim penghujan. Menurutnya, pencegahan potensi penyakit yang dapat muncul tersebut terletak pada memperhatikan kebersihan lingkungan dan kebugaran tubuh masing-masing.

“Memperhatikan kebersihan kita, karena di musim hujan biasanya kalau tidak kita jaga daya tahan tubuh dapat turun. Cuaca yang dingin, kena hujan, dan lain-lain,” tutupnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler