fbpx
Connect with us

Peristiwa

Memasuki Libur Natal 2023, Arus Lalu Lintas di Gunungkidul Meningkat

Diterbitkan

pada

BDG

Patuk,(pidjar-com-525357.hostingersite.com)—Memasuki libur Natal arus lalu lintas di Kabupaten Gunungkidul mulai mengalami peningkatan sejak Minggu (24/12/2023) pagi. Kendaraan plat luar Gunungkidul mulai memadati jalur utama Jogja-Wonosari dan beberapa ruas jalan menuju obyek wisata khususnya pantai.

Kapospam Hargodumilah, Patuk, Iptu Paryadi mengatakan, berdasarkan pantauan di Pos Pantau Hargodumilah atau pintu masuk Gunungkidul sebelah barat sejak 3 hari terakhir kendaraan yang masuk ke Gunungkidul mulai mengalami peningkatan. Dimana kendaraan berplat luar Gunungkidul dan DIY banyak yang melintas di pagi hari menuju Bumi Handayani. Kemudian di sore hari hingga malam, kendaraan luar daerah yang turun ke arah Jogja.

“Kemungkinan baik arus mudik maupun wisatawan puncaknya hari ini, sejak pagi kendaraan yang masuk begitu luar biasa,” papar Iptu Paryadi saat dikonfirmasi.

Berita Lainnya  Petugas Medis Positif Corona, Sejumlah Layanan UPT Puskesmas Playen I Ditutup

Pantuan jajarannya, hingga malam ini untuk arus lalu lintas masih tergolong ramai. Kendaraan banyak yang ke arah Jogja usai berwisata di Gunungkidul.

“Kalau untuk arus lalu lintas tergolong aman terkendali dan lancar. Jika sedikit tersendat langsung bisa diurai,” ucap dia.

Pihaknya bersama dengan Dinas Perhubungan, relawan, Pramuka, dan beberapa lintas sektoral lainnya 24 jam siaga di pos pintu masuk Gunungkidul bagian barat. Dirinya menghimbau kepada para pengguna jalan untuk tertib berlalu lintas dan memperhatikan kondisi jalan.

“Yang perlu diwaspadai saat tikungan dan tanjakan, kami menghimbau agar pengguna jalan tidak melaju melebihi marka. Kondisi arus lalu lintas sendiri tergolong ramai,” jelas Iptu Paryadi.

Berita Lainnya  Sasar Tempat Hiburan Malam, Provost Cari Anggota Polisi Yang Sedang Karaokean

Siang tadi, di beberapa titik jalan Gunungkidul khususnya menuju ke obyek wisata pantai memang mengalami kepadatan. Rekaman CCTV Kominfo Gunungkidul menunjukkan kepadatan kendaraan menuju pantai, salah satunya di JJLS Kawasan Planjan dan beberapa titik lainnya.

Sementara itu beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Perhubungan Gunungkidul, Rakhmadian Wijayanto mengatakan, ada tiga pos pemantauan dan pengamanan yang dibentuk oleh pemerintah dan lintas sektoral. Diantaranya di Pospam Hargodumilah, Kapanewon Patuk; Pos pantau di Siyono, Kapanewon Playen; dan di Pos pantau Baron. Dinas Perhubungan memperkirakan puncak arus mudik terjadi pada Minggu (24/12/2023).

“Puncak arus mudik Natal dan tahun baru diprediksi akan terjadi pada 24 Desember. Untuk petugas sudah mulai pengamanan di pos tanggal 22 Desember. Ada puluhan petugas gabungan yang bersiaga di setiap pos dan membantu kelancaran lalu lintas menuju dan keluar Gunungkidul,” terang Rakhmadian Wijayanto

Berita Lainnya  Angin Kencang, Dua Pohon Jati di Playen dan Paliyan Tumbang Timpa Rumah Warga

Sore tadi Bupati Gunungkidul bersama dengan jajaran pemerintah dan Forkopimda melakukan pemantauan di pos pengamanan dan pemantauan. Lalu lintas sendiri memang cukup padat di beberapa titik.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler